WNI Korban Kapal Tenggelam di Johor Capai 10 Orang dan 1 Bayi

WNI Korban Kapal Tenggelam di Johor Capai 10 Orang dan 1 Bayi

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Korban kapal tenggelam di Johor, Malaysia, bertambah menjadi 10 orang. Kapal yang mengangkut TKI tak berdokumen itu tenggelam saat dalam perjalanan dari Malaysia ke Batam.

"Otoritas SAR Malaysia menemukan kembali 2 jenazah pria. Dengan demikian hingga saat ini total ada 10 jenazah + 1 bayi," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, Senin (25/7/2016).

Dari 10 jenazah, kata Iqbal, hingga saat ini baru 2 yang berhasil diidentifikasi secara visual oleh keluarga mereka di Malaysia. 

Sebagaimana dalam kasus serupa sebelumnya, salah satu tantangan dalam identifikasi adalah kondisi jenazah serta tidak adanya tanda pengenal yang dapat dijadikan rujukan. 

"Kemlu telah berkoordinasi dengan DVI Polri untuk mengantisipasi kebutuhan bantuan proses identifikasi jenazah," ucap Iqbal.

Sesuai arahan Menlu, lanjut Iqbal, KJRI Johor Bahru telah mengupayakan agar korban dapat segera dipulangkan. Saat ini KJRI sudah mulai menyiapkan dokumen perjalanan bagi para korban. 

"Kemlu juga sudah mulai melakukan koordinasi dengan Pemda asal para korban," tutur Iqbal.

Sebelumnya Direktur Departemen Imigrasi Johor Rohaizi Ibrahim mengatakan kapal yang mengangkut puluhan WNI tersebut terbalik hanya beberapa meter dari Pantai Batu Layar. 

"Dari investigasi yang dilakukan, kapal ini dilaporkan menyelinap keluar dari Malaysia melalui jalur tak resmi menggunakan perahu reyot. Mereka berlayar pada pukul 19.00 malam namun terjebak gelombang laut setinggi 2 meter sehingga menyebabkan kapal terbalik," ujar Rohaizi seperti dilansir media Malaysia, The Star, Minggu

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews