Preview MotoGP Jerman: Perebutan Posisi Tiga Besar Makin Sengit

Preview MotoGP Jerman: Perebutan Posisi Tiga Besar Makin Sengit

Tiga pebalap pimpinan klasemen sementara MotoGP 2016. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Sachsenring - Valentino Rossi berhasil meraih start di posisi 3 seri balapan motoGP sirkuit Sachsenring Jerman. Ia berada tak jauh dari Marc Marquez yang merebut pole dan Hector Barbera di posisi kedua.

Akan tetapi, Rossi menyebut balapan kali ini akan sulit “Kualifikasi itu sangat buruk,” kata Rossi.

Ia mengaku, sebenarnya dirinya memiliki masalah dengan suhu ban depan yang naik dan panas. Hal itu membuatnya cukup frustasi karena belum menemukan setingan yang cukup pas.

“Anda tidak bisa mendorong sampai maksimal. Tapi sejauh ini semua masih jauh lebih baik,” lanjut dia.

Meski masih bermasalah dengan seting ban, Rossi merasa beruntung bisa memulai balapan nanti sore di posisi ketiga. Ia pun yakin bisa memberikan tekanan kepada Marquez.

“Kita bisa membuat balapan yang baik. Tapi melihat Marquez yang sedikit lebih cepat, jadi saya berpikir bahwa akan sulit. Tapi yang menjadi tanda tanya semua orang adalah cuaca,” pungkasnya.

Dari ketiga pebalap yang menempati posisi tiga teratas, hanya Marquez dan Rossi yang berpeluang mengamankan podium di Sirkuit Sachsenring. Ini dilihat dari pencapaian mereka selama menjalani sesi latihan bebas hingga kualifikasi.

Di kualifikasi Marquez sukses mencatatkan waktu tercepat 1 menit 21.160 detik. Joki Repsol Honda berhasil mengungguli Rossi yang berada di tempat ketiga dengan selisih 0.506 detik.

Artinya, peluang Marquez mencetak kemenangan keempat secara berturut-turut di Sachsenring semakin terbuka. Apalagi juara dunia dua kali di kelas utama mampu menaklukkan tikungan 11 yang terkenal angker alias banyak pembalap terjatuh saat akan melintas di tikungan air terjun atau waterfall.

Apabila Marquez mampu menjaga konsistensi selama balapan nanti, potensi dia mengklaim mahkota juara dunia makin besar. Pasalnya posisi Lorenzo untuk mengudeta Baby Alien bakal sulit. Sebab pembalap Movistar Yamaha ini terpaksa memulai balapan dari urutan 11.

Posisi Lorenzo sebagai runner up di klasemen sementara MotoGP mulai terancam. Pasalnya, Rossi berhasil menempati posisi ideal untuk mengamankan podium pada balapan kali ini.

Walaupun Marquez dijagokan pada balapan kali ini. Namun pembalap top di kelas utama MotoGP tidak bisa serta-merta mengabaikan potensi peserta lainnya.

Hector Barbera misalnya. Pembalap tersebut sukses mengekor kecepatan Marquez dengan terpaut 0.412 detik di kualifikasi. Jadi apapun masih bisa terjadi seperti yang pernah dipertontonkan Jack Miller sewaktu merebut podium pertama di Assen ketika ketiga pembalap keteteran menghadapi kondisi lintasan basah.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews