5 Pebalap Tumbang, Ini Penyebab Angkernya Tikungan 11 Sirkuit Sachsenring

5 Pebalap Tumbang, Ini Penyebab Angkernya Tikungan 11 Sirkuit Sachsenring

TIkungan 11 di Sirkuit Sachsenring, Jerman. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Sachsenring - Dalam dua kali sesi latihan bebas yang berlangsung Jumat (15/7/2016), lima pembalap terjatuh di tikungan ke-11 Sirkuit Sachsenring atau yang kerap dijuluki tikungan air terjun (waterfall).

Jorge Lorenzo, Scott Redding, Stefan Bradl, Maverick Vinales, serta Tito Rabat tergelincir di tikungan ke-11 Sachsenring meski cuaca sejatinya mendukung. Meski tidak ada yang mengalami cedera serius, tentu area tersebut bakal jadi perhatian pada rider sebelum bertarung sesungguhnya, Minggu (17/7/2016).

Total Sachsenring punya 10 tikungan ke kiri (left-hander) dan tiga ke kanan (right hander). Tikungan ke-11 Sachsenring merupakan bentuk tikungan ke kanan.

Menurut situs Red Bull, Jumat (15/7/2016), perbedaan jumlah tikungan itu yang membuat pembalap sering jatuh. Bagian ban kiri yang lebih banyak terpakai, membuat ban bagian kanan jadi dingin.

Kondisi itu diperparah dengan bentuk tikungan ke-11 yang curam alias menurun, sehingga dinamai tikungan air terjun (waterfall). Dengan pembalap rata-rata memacu motornya hingga mencapai 193 km/jam di area tersebut, mengendalikan kuda besi seberat 157 kg dengan cengkraman ban bagian kanan yang rendah jelas menyulitkan.

Meski pada 2014 area tersebut sudah mendapat perombakan oleh Komisi Keselamatan MotoGP dan FIM, tetap saja area tersebut cukup sulit ditaklukkan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews