https://www.batamnews.co.id

BP Batam Akan Naikkan UWTO, ini Alasannya

Kepala BP Batam Hatanto Reksodiputro (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - BP Batam berencana menaikkan tarif Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) lahan di Batam. Kenaikan direncana pada bulan Juli 2016 ini.

Menurut pihak BP Batam, penyesuaian tarif UWTO ini, menghindari munculnya spekulan-spekulan lahan seperti yang terjadi selama ini.

"Penyesuaian tarif UWTO masih dalam tahap perumusan, penyesuaian ini supaya tidak terjadi dengan mendapatkan tanah murah  dengan harga UWTO tapi tidak dibangun cuman ditawarkan ke investor dengan harga pasaran,” ujar Purnomo Andiantono, Direktur Promosi dan Humas BP Batam saat dihubungi, Kamis (14/7/2016)

Saat ini rumusan penyesuaian tersebut masih di tangan Kementrian Keungan. Klasifikasi harga UWTO akan disesuaikan dengan luas tanah dan juga akan dikenakan sistem progresif nantinya.

"Dengan adanya kenaikan UWTO ini dapat meningkatkan peetumbuhan ekonomi sehingga dukungan masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Andi

Seperti diketahui, saat ini BP Batam mendata ada sejumlah perusahaan yang sengaja meminta lahan dan membayar UWTO dengan tujuan mengambil keuntungan. 

Setelah lahan di tangan, dan ditidurkan selama beberapa tahun, lantas lahan tersebut dijual dengan harga tinggi. Tak heran, sejumlah orang di Batam berbisnis dengan cara-cara culas seperti itu.

Banyak diantaranya justru merupakan pengusaha-pengusaha besar, pejabat, serta oknum-oknum di BP Batam sebagai biangnya. 

 

[ret]