Beredar SMS Karimun Bakal Dihantam Puting Beliung dan Ombak 4 Meter, ini Penjelasan BMKG

Beredar SMS Karimun Bakal Dihantam Puting Beliung dan Ombak 4 Meter, ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi puting beliung di perairan Karimun. (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Hadim Batam mengimbau pada warga Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau tidak panik dengan pesan yang beredar mengenai cuara buruk.

Dalam pesan itu disebutkan akan terjadi gelombang besar dan angin puting beliung dalam sebulan kedepan dan menerpa perairan Tanjungbalai Karimun.

Hal itu berdasarkan sejumlah kejadian angin puting beliung yang menghantam sejumlah objek vital. Diantaranya Mapolres Karimun, Coastal Area, serta rumah-rumah warga.

"Pesan yang beredar kami pastikan bukan dari BMKG. BMKG tidak pernah mengeluarkan warning seperti itu, Jadi kami himbau kepada masyarakat khususnya di Tanjung Balai Karimun supaya tidak panik dan takut terhadap informasi yang beredar ini," ujar Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam pada batamnews.co.id, Selasa (14/62016).

Pada pesan singkat tersebut dikatakan bahwa kecepatan angin 175 km/jam dan belum diketahui kapan berakhir. Selain itu, tinggi ombak juga dikatakan berkisar 4-9 meter.

Berikut bunyi pesan singkat yang beredar :

Informasi Bagi Warga Tg.balay Karimun ! ! ! ! !
Kami dari Pihak BMKG Menghimbau Pada Masyarakat Karimun, untuk berhati" disaat Beraktivitas di luar, dikarnakan sebulan Kedepan akan terjadi Bencana Angin puting beliung pd kecepatan angin 175 km/jam dengan lebar 250 kaki (75 meter) dan bergerak lebih 100 Km. Belum Dipastikan Kapan berakhirnya, Angim Berhembus Dari Utara Menuju barat, dan dari barat menuju ketimur, dengan tinggi angin rata" 2000 hingga 3000 Meter/Second.
Dihimbau untuk Masyarakat Berhati" di Area Tepi Laut ataupun Sedang Berlayar,  dikarnakan Ombak rata" 4-9 Meter. 
Himbauan Untuk Masyarakat Karimun dan Sekitarnya.
Terima Kasih.


[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews