Euro 2016

Data dan Fakta Pertandingan Prancis vs Rumania

Data dan Fakta Pertandingan Prancis vs Rumania

Jadwal dan pembagian grup di Piala Eropa 2016. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Tuan rumah Prancis siap mengawali laga pembuka penyisihan Grup A Piala Eropa 2016 melawan Rumania di Stade de France. Pertandingan ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI pada Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB.

Menanggapi persiapan yang akan dihadapi jelang laga melawan Rumania, Didier Deschamps tampaknya menutup rapat-rapat mulutnya alias membisu. Dia sepertinya tidak ingin membocorkan skenario yang akan dijalankannya di laga nanti.

"Pada kesempatan ini saya tidak ingin memberitahu Anda apa yang akan saya katakan. Tapi tentu saja itu konteks khusus, itu pertandingan pembukaan dan segala sesuatu yang sangat mewakili. Rumania memiliki dasar teknis yang solid. Mereka tidak hanya pandai memainkan bola, namun mereka juga tahu bagaimana menggunakan bola," terang Deschamps seperti dikutip Eurosport, Jumat (10/6/2016).

Menyelisik rekor pertemuan, Prancis tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir mereka melawan Rumania. Namun, empat dari lima pertemuan terakhir kedua tim bermain imbang.

Ini akan menjadi pertemuan ketiga Prancis versus Rumania di Piala Eropa, di mana mereka selalu bertemu di babak penyisihan grup. Dua pertandingan sebelumnya hanya menghasilkan satu gol, Prancis unggul 1-0 pada tahun 1996, sebelum bermain imbang tanpa gol pada 2008.

Meskipun mempunyai catatan impresif, namun pelatih Rumania Anghel Iordanescu tidak takut dan dia justru bertekad untuk mengatasi laga perdana ini. "Saya pikir Prancis akan memulai pertandingan dengan gaya agresif dan menyerang. Tapi kami tidak akan mengikuti mereka, kami hanya ingin menjalankan strategi kami. Kami tidak akan bermain bertahan, kami juga akan bermain menyerang dengan memanfaatkan kelemahan pemain belakang tuan rumah," timpal Iordanescu.
 
Fakta pertandingan

1. Prancis tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan kompetitif melawan Rumania (W3-D5).
2. Kekalahan terakhir mereka melawan Rumania terjadi pada 8 April 1972.
3. Empat dari lima pertemuan terakhir antara Perancis dan Rumania berakhir imbang
4. Ini adalah ketiga kalinya Perancis dan Rumania bertemu di Piala Eropa.
5. Tepat 20 tahun yang lalu, pada 10 Juni 1996, Prancis mengalahkan Rumania 1-0 berkat gol Christophe Dugarry (25').
6. Prancis selalu gagal mencetak gol dalam lima pertandingan di Piala Eropa
7. Rumania pernah tersingkir di penyisihan grup saat Piala Eropa digelar di Prancis.
8. Rumania mempunyai tradisi di mana mereka tidak pernah menang setiap kali menjalani pertandingan pembuka di Piala Eropa.
9. Anghel Iordanescu menjadi pelatih Rumania untuk keempat kalinya. Namun pencapaian terbaiknya terjadi di Amerika Serikat pada 1994, ketika mengantarkan tim menembus perempat final

(ind/bbs/sindo)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews