Kunjungan Dubes Australia ke Batam

Lirik Investasi di Batam, Dubes Australia Sempatkan Diri Dialog dengan Ulama di Masjid Raya

Lirik Investasi di Batam, Dubes Australia Sempatkan Diri Dialog dengan Ulama di Masjid Raya

Dubes Australia Paul Grigson saat berbincang dengan jurnalis AJI Batam di Sukajadi Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengunjungi Kota Batam Kepulauan Riau, Selasa (19/4/2016). Begitu mendarat di Batam, Paul bersama stafnya, langsung mengunjungi Masjid Raya Batam Centre.

Dalam kesempatan itu Paul memang sengaja mengadakan pertemuan dengan para ustaz dan ulama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam. Mereka membicarakan berbagai hal, dalam rangkaian kunjungannya ke Batam itu. 

“Ini menjadi kebiasaan saya ketika berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, dan menyempatkan diri berdialog dengan majelis ulama setempat,” ujar Paul saat menggelar kopi bersama dengan rekan-rekan jurnalis dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam di Anchor Cafe Dermaga Sukajadi, Baloi, Batam.

Paul mengungkapkan, hal itu sudah menjadi kebiasaan dia saat bertugas di Jakarta. Setiap pekan dia selalu menyempatkan diri berkunjung ke masjid-masjid di Jakarta terutama Istiqlal.

Paul juga mengaku terkesan dengan Istiqlal yang jauh berbeda dengan beberapa masjid di Asia Tenggara ataupun dunia.

Paul menambahkan, dengan cara itu, ia bisa mengetahui dan mendekatkan diri dengan masyarakat setempat yang ia kunjungi, sembari bersilaturahmi, dan mengetahui tradisi muslim di Indonesia.

Paul mengatakan, selama ini ia tak asing lagi dengan dunia Islam, di Australia, kata dia, ada sekitar 500 ribu warga muslim.

“Sebagian dari mereka lahir di Australia, di sana kita tak ada perbedaan apa-apa soal agama, semua memiliki hak yang sama,” kata Paul.

Paul menuturkan, masyarakat muslim di Australia juga berasal dari berbagai macam ras. Dan mereka memiliki sekitar 175 bahasa ibu.

Paul menjelaskan, kunjungannya ke Batam, pada intinya ingin melihat perkembangan investasi di Batam. Baik dari segi iklim investasi maupun regulasi.

Selama ini, menurut dia, status Free Trade Zone di Batam, cukup berpotensi menarik investor dari Australia meskipun selama ini, ia menilai promosi terhadap kawasan tersebut sangat terbatas.

Baca juga: Pelajari Regulasi Investasi, Dubes Australia: Batam Cocok Investasi Pendidikan Berbasis Skill

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews