Ini Alasan PLN Batam Padamkan Listrik Dua Hari Berturut-turut

Ini Alasan PLN Batam Padamkan Listrik Dua Hari Berturut-turut

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bright PLN Batam menjelaskan alasa pemadaman listrik selama dua hari, pada tanggal 7 dan 8 April 2016. Pemadaman itu, menurut pihak PLN, akibat gangguan yang terjadi pada unit 1 PLTU Tanjung Kasam.

Corporate Communication, Rudi Antono menjelaskan bahwa gangguan pada unit 1 PLTU Tanjung Kasam dan gangguan telah diidentifikasi terjadi pada system proteksi pembangkit.

Gangguan pada Unit 1 PLTU Tanjung Kasam berdampak terjadinya defisit daya yang kurang lebih mencapai 30-37 MW yang mengakibatkan terjadinya pemadaman kepada pelanggan secara bergantian dengan durasi ± 2 jam per periode per pelanggan.

"Gangguan tersebut merupakan gangguan vital yang memerlukan tindakan preventif dan harus segera diperbaiki mengingat PLTU Tanjung Kasam merupakan backbone sistem di Batam sementara ini, takutnya jika dibiarkan akan terjadi black out (padam total) nantinya," ujar Rudi melalui rilis yang diterima batamnews.co.id, Jumat (8/4/2016).

Ia menjelaskan, perbaikan kerusakan yang dilakukan antara lain perbaikan pada system proteksi dan melakukan beberapa inspeksi pada komponen PLTU. Waktu yang diperlukan untuk perbaikan di perkirakan 2 hari, yakni jum’at dan sabtu. Sementara untuk hari Minggu tidak ada pemadaman karena beban tidak terlalu tinggi.

"Gangguan ini termasuk gangguan yang mendadak dan bisa terjadi sewaktu-waktu karena mesin beroperasi terus dan memasok daya yang besar untuk sistem di Batam," ucap Rudi.

Namun, sambungnya, kami berupaya semaksimal mungkin agar upaya perbaikan dapat selesai tepat waktu dan kami juga mohon doa serta dukungan masyarakat Batam, agar tidak terjadi gangguan-gangguan yang mengakibatkan terganggunya pasokan listrik ke pelanggan.

Informasi wilayah-wilayah yang terkena pemadaman bergilir, kami informasikan melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari Telpon rumah atau 0778 123 dari handphone dan dapat juga dilihat pada website www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman.

"Untuk mengurangi dampak terjadinya pemadaman, kami menghimbau para pelanggan dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya perbaikan, misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik," kata dia.

 

[Is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews