Tangkapan Sabu Terbesar se-Asia Tenggara

Wong Chi Ping Sudah Punya Istri di Indonesia

Wong Chi Ping Sudah Punya Istri di Indonesia

Barang bukti sabu seberat 800 Kg (foto:metro)

Jakarta - Wong Chi Ping alias WCP (40), lelaki asal Hongkong ditetapkan sebagai dalang penyelundupan narkoba seberat 800 kilogram di Lotte Mart, Jakarta Barat. Pria ini diketahui telah menetap di Indonesia selama 15 tahun. Bahkan WCP sudah memiliki istri warga negara Indonesia.

"Dia sudah 15 tahun dan juga punya istri di sini," kata Kepala Humas BNN, Komisaris Besar Sumirat Dwiyanto, di kantornya, Selasa (6/1/2015).

Selain WCP, BNN juga telah mengamankan SL serta seorang nakhoda dan seorang anak buah kapal yang mengangkut barang haram tersebut. Sumirat menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai tangkapan besar awal tahun itu.

Menurut Sumirat, warga negara Hongkong itu selalu menyelundupkan sabu melalui jalur laut. Namun, usahanya tidak selalu mulus lantaran kapal yang digunakannya untuk menyelundupkan narkoba diterjang ombak besar. "Sering gagal, kemarin dia berhasil," ujar Sumirat.

Selain WCP, BNN juga telah mengamankan SL serta seorang nakhoda dan seorang anak buah kapal yang mengangkut barang haram tersebut. Sumirat menjelaskan, WCP selalu meminta SL untuk mencarikan kapal yang besar serta para anak buah kapal (ABK). Selanjutnya, kelompok SL lantas memasukkan dan membawa barang haram tersebut dari China menuju Kepulauan Seribu sebelum dipindahkan ke perahu-perahu nelayan. "Setelah itu, baru dipindah lagi ke mobil boks yang sudah menunggu di pelabuhan," imbuhnya.

Meski warga negara asing, kata Sumirat, sesuai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, pelaku akan diproses di Indonesia. "Tetap kami proses di wilayah hukum kita," jelasnya.

"Sementara kita amankan sembilan orang, termasuk dalangnya," ungkapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews