Ini Fakta yang Banyak Orang Tak Tahu tentang Taman Habibie yang Tersembunyi di Batam

Ini Fakta yang Banyak Orang Tak Tahu tentang Taman Habibie yang Tersembunyi di Batam

Pemandangan di Taman Habibie Sekupang. (Foto: Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Objek wisata Taman Habibie dan Tangga 1000 di Kelurahan Patam Lestari, Sekupang, Batam, ternyata banyak belum diketahui orang. 

Menurut Mulyono, sesepuh warga setempat, yang pernah bekerja selama 18 tahun bersama Sri Darsono, adik kandung mantan Presiden RI dan Ketua Otorita Batam Bachruddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), pada tahun 1983 hingga 1997, Taman Habibie, Tangga 1000 tersebut sangat indah dan terawat.

"Lokasi ini dari tahun 1983 sampai 1997 memang berbentuk taman yang sangat indah," kata Mulyono saat di temui di lokasi wisata, Sabtu (5/3/2016) sore.

Mulyono menceritakan, Taman Habibie ini banyak menyimpan nostalgia, saat BJ Habibie masih menjadi Ketua Otorita Batam. Di sana terkadang Habibie menghabiskan waktunya bersama keluarga.

Sayangnya, saat ini kondisi Taman Habibie tersebut tak terawat. Hutan di sekelilingnya tampak lebat. 

Mulyono bersama rekan-rekannya kini dengan sukarela merawat Taman Habibie itu. Ia pun tidak bermaksud untuk menguasai lahan itu.

Mulyono hanya ingin meneruskan pengabdiannya pada keluarga BJ Habibie yang sudah sangat berjasa pada dirinya, sekaligus menjaga taman tersebut.

"Saya hanya ingin meneruskan pengabdian saya pada keluarga Pak Habibie. Bila mengingat Pak Soedarsono waktu itu menjabat sebagai Kabalak saya akan menangis. Orangnya sangat baik dan penolong, anak-anak saya semua sekolah hingga sarjana berkat beliau," kata Mulyono dengan nada lirih.

Mulyono mengakui untuk menggarap lokasi wisata tersebut tanpa ada perintah dari siapapun. Ide tersebut muncul bersama rekan-rekan dengan modal seadanya. 

"Memang untuk mengelola lokasi ini tidak ada perintah, tapi saya memberanikan diri saja," kata Mulyono.

 

[is]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews