Dinkes Natuna Akan Fungsikan Puskesmas Laut

Dinkes Natuna Akan Fungsikan Puskesmas Laut

Ilustrasi puskesmas laut. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Satu unit Puskesmas Laut rencananya akan direalisasikan Dinkes Natuna pada 2016 ini. Kapal aluminium sepanjang 8 meter akan difungsikan untuk membantu masyarakat di pulau-pulau dalam pengobatan serta transportasi rujukan ke RSUD Natuna.

Dijumpai usai menghadiri Musrenbang tingkat Kabupaten di Gedung Serindit, Rabu (2/3/2016), Kadinkes Natuna, Syamsu Rizal menuturkan jika pihaknya menganggarkan Rp 3,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tahun ini.

"Tahun ini kami punya anggaran Rp 3,6 miliar untuk mengadakan Puskesmas keliling laut. Rencananya kami mau adakan dua unit (kapal) dari fiber, tapi pertimbangan kita akhirnya memilih kapal yang berbahan aluminium, karena harganya lebih mahal sepertinya hanya bisa terealisasi satu unit," ujar Syamsu Rizal kepada batamnews.co.id.

Kapal puskesmas keliling laut itu akan dilengkapi peralatan medis dan SDM yang bisa bekerja dengan kondisi geograsi perairan.

"Kalau dari SDM kita sudah siap, apalagi di pulau-pulau banyak bidan-bidan tempatan yang sudah tau medan perairan. Kita berharap Puskesmas Laut ini bisa berfungsi optimal," ujarnya.

(fox)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews