Ada Penampakan Sosok Langka di Pantai Sisi Natuna

Ada Penampakan Sosok Langka di Pantai Sisi Natuna

Kerangka yang diduga gajah mina. (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Masyarakat Pulau Serasan, Kecamatan Serasan, Natuna, dikagetkan dengan penampakan sosok langka di pantai Sisi, pada Minggu (14/2). Sosok langka itu diduga sebagai hewan langka gajah mina.

“Dari jauh lihat seonggok barang menyerupai seperti ikan paus terdampar," ujar seorang warga Serasan Robbi Sanjaya (36) beberapa hari lalu. 

Pada saat itu hendak magrib, Robbi menyangka, onggokan besar di tepi pantai yang sedang surut adalah ikan paus, namun saat didekatinya, ternyata hewan besar yang memiliki gading panjang, belalai diwajah, bertelinga lebar dan berekor seperti paus.

"Saya sangka semula ikan paus ternyata gajah mina, yakni gajah laut yang dulu sering diceritakan masyarakat. Ini hewan dari lautan dalam," ujar Robbi.

Ayah seorang anak itu lalu memanggil beberapa temannya karena hewan aneh yang ditemuinya itu belum pernah mereka lihat. Dalam sekejab, Pantai Sisi heboh. Masyarakat Serasanpun berduyun melihat bangkai hewan langka bertubuh tambun yang telah menebarkan aroma busuk.

Hewan besar berukuran panjang sekitar enam meter itu semula hanya jadi tontonan, namun pada Selasa (16/2) kemarin hewan besar tersebut ditarik ke darat dan masyarakat menguburnya.

"Agar tidak mendatangkan penyakit," katanya.

Sementara itu,  Kepala Bidang Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, DR. Eddiwan menanggapi terdamparnya hewan laut dalam itu karena ruaya yang dialami gajah mina tersebut.

"Ruaya atau alur migrasinya terganggu karena perubahan cuaca dan arus laut yang mengakibatkan ikan yang hidup bebas dilaut lepas atau samudra itu terjebak di lautan karang dan kepulauan," ujar Eddiwan.

sumber: antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews