Perkuat Ekosistem Sistem Pembayaran, Bank Indonesia Gelar Kompetisi `QRIS Jelajah Indonesia`

Perkuat Ekosistem Sistem Pembayaran, Bank Indonesia Gelar Kompetisi `QRIS Jelajah Indonesia`

Dalam rangka memperluas implementasi pembayaran melalui kanal Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan memperkenalkan berbagai inovasi digitalisasi sistem pembayaran, Bank Indonesia menyelenggarakan flagship program "QRIS Jelajah Indonesia" dengan tagline "Jelajah Indonesia Makin Praktis Pakai QRIS". 

Batam, Batamnews - Dalam rangka memperluas implementasi pembayaran melalui kanal Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan memperkenalkan berbagai inovasi digitalisasi sistem pembayaran, Bank Indonesia menyelenggarakan flagship program "QRIS Jelajah Indonesia" dengan tagline "Jelajah Indonesia Makin Praktis Pakai QRIS". 

Program ini dikemas dalam bentuk kompetisi yang mengharuskan peserta untuk menyelesaikan berbagai misi dalam rangka mengeskplor inisiatif digitalisasi Bank Indonesia sekaligus menjelajahi berbagai spot menarik di daerah yang ditentukan. Peserta QRIS Jelajah Indonesia juga akan menyusun konten digital kreatif untuk memperluas informasi kebijakan yang diterbitkan Bank Indonesia dan pemerintah daerah.

QRIS Jelajah Indonesia diselenggarakan serentak di 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia. Khusus untuk Kepulauan Riau (Kepri), QRIS Jelajah Indonesia diselenggarakan pada tanggal 7 - 21 Juli 2024 di Kota Batam dan diikuti oleh 61 peserta yang tergabung dalam 21 kelompok. 

Baca juga: BI Kepri Soroti Prestasi Industri Kreatif Digital Batam di Kancah Internasional

Para peserta diberikan misi untuk mengakselerasi penambahan user dan transaksi QRIS, kampanye Cinta Bangga dan Paham Rupiah, sosialisasi Pelindungan Konsumen, serta edukasi terkait Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB). 

Dengan karakteristik peserta yang merupakan generasi muda, QRIS Jelajah Indonesia diharapkan dapat mengakselerasi penguatan ekosistem sistem pembayaran melalui perluasan aspekstasi pembayaran digital secara lebih masif dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, frekuensi transaksi QRIS di Kepri tercatat sejumlah 16,14 juta transaksi, dengan nominal mencapai Rp2,31 triliun. Selanjutnya, selama periode Januari sampai dengan Mei 2024, telah terdapat 11,5 juta transaksi dengan nilai sebesar Rp2,47 triliun. Transaksi QRIS di Kepri didominasi oleh pelaku UMKM yang berlokasi di Kota Batam dengan persentase mencapai 80% dari total transaksi.

Baca juga: BI Kepri Gelar Diseminasi Laporan Perekonomian, Catat Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Kedua di Sumatera

Dalam menyelenggarakan QRIS Jelajah Indonesia, Bank Indonesia Kepri bersinergi dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Asosiasi Pedagang Valuta Asing (APVA). 

Melalui sinergi dengan berbagai mitra strategis, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat ekosistem dan implementasi kebijakan sistem pembayaran, serta meningkatkan literasi digital guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews