Anak 13 Tahun Meninggal Setelah Berobat di Puskesmas Sei Jang: Dugaan Kesalahan Obat?

Anak 13 Tahun Meninggal Setelah Berobat di Puskesmas Sei Jang: Dugaan Kesalahan Obat?

Puskesmas Sei Jang, Kota Tanjungpinang. (Sumber : dok. Website Puskesmas Sei Jang).

Tanjungpinang, Batamnews - Seorang anak laki-laki di Tanjungpinang diduga meninggal dunia setelah pulang berobat dari Puskesmas Sei Jang, Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang. Korban, berinisial DY, berusia 13 tahun.

Kepala UPTD Puskesmas Sei Jang, Dr. Muhammad Paisal, menjelaskan bahwa pasien bersama orang tuanya mendatangi puskesmas untuk berobat atas sakit yang dialaminya.

"Pasien datang mengeluh sakit perut dan diare. Saat awal datang, kondisi pasien masih terlihat stabil sehingga petugas puskesmas memeriksa dan memberikan obat sesuai dosis dan keluhan pasien," ujarnya kepada batamnews.co.id saat dikonfirmasi melalui telepon seluler.

Baca juga: Polresta Tanjungpinang Ungkap Jaringan Napi Lapas Umum, Tangkap 3 Pelaku dengan Barang Bukti 233 Gram Sabu

Paisal melanjutkan, tak lama setelah meninggalkan Puskesmas, pasien tersebut kembali dalam kondisi tak sadarkan diri dan mengeluarkan busa dari mulutnya. Petugas langsung memberikan pertolongan pertama di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Sei Jang.

"Saat pasien berada di ruang tindakan, tim langsung memberikan pertolongan pertama berupa bantuan pernapasan dan melakukan RJP. Namun, setelah beberapa siklus pertolongan, nyawa korban sudah tidak dapat tertolong," kata Paisal.

Saat ditanyakan terkait kemungkinan kesalahan petugas dalam memberikan obat atau dosis kepada pasien, Paisal menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memberikan keterangan terkait hal tersebut.

Baca juga: AJI Tanjungpinang Mengecam Pelarangan Liputan Jurnalis di DPRD Kabupaten Bintan

"Kalau soal dugaan salah memberikan obat, kami tidak bisa memberikan keterangan, karena obat yang kami berikan adalah obat biasa yang sesuai dosis dan kebutuhan pasien," terangnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews