Satu dari 4 Orang Terduga ISIS Masih di Bawah Umur

Satu dari 4 Orang Terduga ISIS Masih di Bawah Umur

Personel polisi mengawal seorang terduga teroris. (Foto: Jim/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Satu dari empat orang warga negara Indonesia terduga teroris yang diamankan di Singapura karena hendak berangkat ke Suria, ternyata masih di bawah umur.

Empat orang terduga teroris tersebut berasal dari luar Batam, Kepulauan Riau. Selain itu mereka juga dipulangkan dengan kapal yang berbeda.

Pertama dijemput dua orang kakak beradik datang menggunakan kapal Ferry Manjestic (Wevmaster 3) yang diketahui bernama Muhammad Mufid Murtado (15) Dan Mukhlis Khoirur rofiq (23) pada pukul 11.45 WIB berasal dari Bogor.

Kemudian, satu orang dibawa dengan menggunakan Ferry Sindo (Queenstar 2) bernama Untung Sugema (49) datang 12.15 WIB berasal dari Bekasi dan satu orang menggunakan Ferry Batamfast (Batamfast 19) bernama Risno (28) pada pukul 12.30 WIB berasal dari Purbalingga.

"Iya, tadi ada satu orang berumur 15 tahun," ujar Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmi Santika, Minggu (21/2/2016).

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari Kepolisian Singapura bahwa ada empat warga negara Indonesia yang diduga akan berangkat ke Suria melalui Singapura.

"Setelah berkoordinasi mereka kita pulangkan melalui Pelabuhan Ferry International Batam Centre," kata Helmi.

Sambungnya, selanjutnya pihak Kepolisian akan melakukan tindakan identifikasi terhadap mereka, seperti apa motinya. Tapi, apabila nanti ada kaitannya dengan jaringan ISIS akan segera di koordinasikan Densus.

"Kita belum bisa menduga mereka terlibat jaringan ISIS, sebab mereka sudah berencana akan pulang ke Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan dokumen perjalanan paspor, mereka berangkat dari Jakarta menuju Singapura kemudian berangkat ke Johor. Setelah itu dari Johor mereka kembali ke Singapura.

"Kepolisian Singapura memeriksa mereka secara random, kemudian mencurigai mereka terlibat jaringan ISIS dan kepolisian Singapura langsung berkoordinasi dengan kita," ucap Helmi.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews