Panduan Penyimpanan Daging Kurban untuk Tetap Segar dan Aman

Panduan Penyimpanan Daging Kurban untuk Tetap Segar dan Aman

Daging kurban. (Foto: Mutiara/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kurban tidak hanya merupakan ibadah tapi juga cara berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan. Salah satu aspek penting dalam proses ini adalah penyimpanan daging kurban agar tetap segar dan aman untuk dikonsumsi, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. 

Berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan daging kurban tetap dalam kondisi terbaik.

1. Pendinginan Segera Pasca Penyembelihan
Setelah daging dikurbankan, langkah awal yang krusial adalah segera mendinginkannya. Suhu tinggi dapat mempercepat pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, daging harus segera diletakkan dalam wadah bersih dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin dengan suhu di bawah 4 derajat Celsius.

Baca juga: Seluruh Daging Hewan Kurban di Karimun Dinyatakan Layak Konsumsi Setelah Pemeriksaan Post Mortem

2. Pengemasan yang Tepat
Daging harus dibungkus secara rapat menggunakan plastik pembungkus atau kantong vakum untuk mencegah udara masuk yang bisa meningkatkan risiko kontaminasi bakteri. Penggunaan kantong plastik ganda disarankan untuk perlindungan ekstra.

3. Penyimpanan Jangka Panjang dalam Freezer
Untuk penyimpanan yang lebih lama, daging sebaiknya dibekukan. Freezer yang disetel pada suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah ideal untuk menjaga daging tetap awet hingga beberapa bulan. Penting juga untuk melabeli setiap kemasan dengan tanggal penyembelihan dan pembekuan untuk memudahkan pengawasan masa simpan.

4. Hindari Penyimpanan dalam Jumlah Besar
Menyimpan daging dalam jumlah besar dalam satu wadah dapat menghambat proses pendinginan atau pembekuan yang merata. Bagilah daging ke dalam porsi-porsi kecil sesuai dengan kebutuhan konsumsi sehari-hari, memudahkan saat mengambil sebagian daging tanpa mengganggu sisanya.

Baca juga: Kisah Sukses Pak Ahmad, Pedagang Hewan Kurban di Batam yang Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Bisnis

5. Jaga Kebersihan Tempat Penyimpanan
Kebersihan lemari es dan freezer sangat kritikal untuk menjaga kualitas daging. Tempat penyimpanan yang kotor bisa menjadi sumber kontaminasi. Bersihkan secara rutin menggunakan air hangat dan sedikit deterjen, serta pastikan daging kurban disimpan terpisah dari makanan lain, khususnya yang sudah matang, untuk menghindari kontaminasi silang.

Menerapkan langkah-langkah ini akan memastikan daging kurban tetap segar, aman, dan higienis, memungkinkan penerima manfaat merasakan kebaikan kurban dalam kondisi terbaik. Manfaat ibadah kurban akan lebih terasa, tidak hanya secara spiritual tetapi juga dalam kesehatan dan kesejahteraan penerima.

Penulis: Mutiara Prastika


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews