Wah, Ada Dendeng Daun Singkong dan Lendot Nih di Stand Bazar Karimun Pada MTQH Kepri

Wah, Ada Dendeng Daun Singkong dan Lendot Nih di Stand Bazar Karimun Pada MTQH Kepri

Ada dendeng daun singkong hingga lendot di stand bazar Karimun pada MTQH Kepri 2024. (Foto: Mutiara/Batamnews)

Batam, Batamnews - Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadits (MTQH) yang berlangsung di Kota Batam, Kepulauan Riau, tidak hanya menjadi ajang kompetisi keagamaan yang bergengsi, tetapi juga platform yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan kuliner khas daerah. 

Salah satu stand yang menjadi sorotan adalah stand dari Tanjung Balai Karimun yang menampilkan dua hidangan unik, Dendeng Daun Singkong dan Lendot, yang berhasil menarik minat banyak pengunjung.

1. Dendeng Daun Singkong: Inovasi Kuliner yang Menggugah Selera
Dendeng Daun Singkong adalah sajian inovatif yang memanfaatkan daun singkong, biasanya hanya digunakan sebagai sayur, menjadi hidangan yang unik dan lezat. Daun singkong dipotong tipis-tipis dan diolah dengan bumbu dendeng yang kaya rempah, kemudian dikeringkan dan digoreng hingga renyah, menciptakan tekstur yang menggoda dan cita rasa yang gurih.

Baca juga: Kapal Bermuatan Beras Tenggelam di Perairan Meranti 

2. Lendot: Hidangan Tradisional dengan Sentuhan Modern
Lendot, sajian tradisional dari bahan dasar sagu, juga hadir menggoda selera. Hidangan ini dipadukan dengan sayuran seperti kangkung dan bayam serta berbagai jenis seafood seperti kerang dan siput, dicampur dengan bumbu khas yang memperkaya rasa. Teksturnya yang kenyal dan rasa gurih menjadikan Lendot favorit banyak pengunjung.

Salah satu pengunjung, Sasya, mengungkapkan kegembiraannya, "Saya sangat senang bisa menemukan Lendot di sini. Rasanya mengingatkan saya pada masakan mamak saya di kampung."

Kehadiran hidangan Dendeng Daun Singkong dan Lendot di MTQH Kepri menunjukkan betapa kaya dan beragamnya kuliner Indonesia, khususnya dari daerah Karimun. Acara ini tidak hanya fokus pada kompetisi bacaan Quran dan Hadits, tetapi juga menjadi kesempatan emas untuk memperkenalkan dan melestarikan kuliner tradisional kepada generasi muda serta masyarakat luas.

Stand yang menyajikan Dendeng Daun Singkong dan Lendot berhasil menjadi magnet bagi pengunjung, membuktikan bahwa MTQH Kepri adalah perayaan yang mengintegrasikan nilai religius, budaya, dan kekayaan kuliner lokal.

Penulis: Mutiara Prastika


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews