DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang Gelar Verifikasi dan Wawancara Delapan Balon Wakil Wali Kota

DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang Gelar Verifikasi dan Wawancara Delapan Balon Wakil Wali Kota

DPC PDI Perjuangan saat melakukan wawancara kepada sejumlah calon wakil wali kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Usai penutupan pendaftaran bakal calon (Balon) wakil wali kota, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang memulai proses verifikasi dan wawancara terhadap delapan balon yang telah mengembalikan berkas pendaftaran. 

Verifikasi dan wawancara ini bertujuan untuk menggali visi, misi, serta program kerja para calon jika terpilih nantinya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang, Asep Nana Suryana, menjelaskan bahwa proses wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam visi dan misi para calon. 

"Kita mewawancarai tentang visi misi, dan menggali program saat menjadi wakil nanti," ujar Asep kepada media di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang, Sabtu, 18 Mei 2024.

Baca juga: Eks Kadispar Kepri Buralimar Siap Maju Pilwako Batam, Andalkan Segudang Pengalaman di Pemerintahan

Selain itu, wawancara juga mencakup pandangan para calon mengenai kondisi Kota Tanjungpinang saat ini, termasuk masalah kemiskinan dan pengangguran. "Kita juga meminta tanggapan para calon tentang kemiskinan dan pengangguran," tambah Asep.

Proses verifikasi ini, lanjut Asep, sesuai dengan tagline Balon Wali Kota Tanjungpinang dari PDI Perjuangan yakni "Lis Darmansyah Berbenah". Hasil verifikasi dan wawancara ini nantinya akan dikirimkan ke DPD dan DPP PDI Perjuangan untuk proses seleksi lebih lanjut.

"Nanti DPD dan DPP yang melakukan penjaringan dan seleksi," jelas Asep.

Hari ini, delapan balon yang akan diwawancara di Kantor DPC PDI Perjuangan adalah Endri Sanopaka, Momon Faulanda Adinata, Fengky Fesinto, Juramadi Esram, Mohammad Firdaus, Raja Ariza, Fadril Usman, dan Huzaifa Dadang. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, balon pertama yang hadir dan diwawancara adalah Mohammad Firdaus, diikuti oleh Endri Sanopaka, Raja Ariza, dan Fadril Usman.

Salah satu balon, Endri Sanopaka, menyampaikan terima kasih kepada PDI Perjuangan atas kesempatan yang diberikan. 

"Saya sebagai bakal calon wakil wali kota untuk mendampingi Pak Lis Darmansyah di Pilkada nanti," ujar Endri Sanopaka.

Ketua STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang ini juga menambahkan bahwa PDI Perjuangan memiliki mekanisme dalam proses penjaringan balon. 

"Hari ini, saya mengikuti verifikasi dengan tim panitia. Alhamdulillah, saya sudah selesai mengikuti wawancara," katanya.

Baca juga: Partai Demokrat Terima Lima Bakal Calon Bupati Bintan untuk Pilkada 2024, Ada Bupati hingga Aktifis

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang, Yuniarti Pustoko Weni, mengatakan bahwa tahapan wawancara dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari. 

"Tahapan seleksi ini sudah kita lakukan dari tanggal 29 April hingga 15 Mei penjaringan bakal calon dan hari ini kita lakukan tahapan wawancara," ujar Weni.

Weni menambahkan, hasil wawancara ini akan diteruskan ke DPD dan DPP sebagai bahan pertimbangan untuk penentuan balon cawawako. 

"Yang sudah wawancara ada 5 dan kemungkinan selesai jam 10 malam," tuturnya.

Dari tujuh bacalon yang mengikuti tahapan wawancara, akan dipilih tiga atau empat nama sesuai dengan hasil seleksi. 

"Sesuai mekanisme partai, usai wawancara ini kurang lebih 10 hari ke depan akan ada 3 atau 4 nama yang akan dibawa ke DPD dan DPP dan ditetapkan 1 nama oleh DPP," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews