Como, Klub Milik Pengusaha Indonesia, Resmi Promosi ke Serie A

Como, Klub Milik Pengusaha Indonesia, Resmi Promosi ke Serie A

Suporter Como. (Foto: dok. Como X)

Batam, Batamnews - Kesuksesan besar diraih oleh Como, klub sepak bola Italia yang dimiliki oleh pengusaha asal Indonesia dari Group Djarum, setelah secara resmi promosi ke Serie A, kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Italia. 

Klub yang telah terakhir bermain di Serie A pada tahun 2003 ini berhasil kembali ke puncak sepak bola Italia setelah hampir dua dekade.

Michael Hartono dan Robert Budi Hartono, dua bersaudara yang merupakan pemilik Djarum, sebuah perusahaan rokok kretek terkemuka di Indonesia, telah melihat Como naik kembali ke puncak setelah membeli klub tersebut pada tahun 2019. 

Baca juga: KONI Batam Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Kontra Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024, Optimis Menang

Dalam kurun waktu lima tahun, investasi dan manajemen yang efektif telah membuahkan hasil yang signifikan. Pada pekan ke-38 Serie B, Como hanya berhasil bermain imbang 1-1 saat berhadapan dengan Cosenza pada Sabtu dini hari WIB. 

Namun, kekalahan Venezia dari Spezia dengan skor 2-1 pada waktu yang bersamaan, memastikan Como finis di posisi kedua dengan total 73 poin, tiga poin di atas Venezia yang berada di posisi ketiga.

Hasil ini tidak hanya menandai promosi Como tetapi juga memaksa Venezia untuk harus memperebutkan kesempatan promosi melalui jalur playoff. Como sekarang bergabung dengan Parma, yang telah lebih dulu memastikan promosi sebagai juara Serie B.

Baca juga: Ketua Umum KONI Batam Komitmen Dukung Perkembangan Olahraga E-Sport

Kembalinya Como ke Serie A dianggap sebagai kebangkitan setelah bertahun-tahun berjuang di liga yang lebih rendah. Dengan keberhasilan ini, Como berharap dapat meningkatkan reputasi dan performa mereka di kancah yang lebih kompetitif dan prestisius.

Para penggemar Como dan pendukung sepak bola Indonesia kini menantikan untuk melihat bagaimana Como akan bersaing di Serie A musim depan. Kembalinya klub ke puncak sepak bola Italia merupakan momen bersejarah yang juga menandai pengaruh Indonesia di panggung sepak bola Eropa melalui kepemilikan klub oleh pengusaha nasional.

Sementara itu, satu tiket promosi tersisa dari Serie B kini diperebutkan melalui playoff yang melibatkan enam tim dari urutan 3-8, termasuk Venezia, Cremonese, Catanzaro, Palermo, Sampdoria, dan Brescia, yang akan dimulai pada 18 Mei 2024.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews