Imigrasi Dabo Singkep Gelar Operasi Jagratara, Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Lingga

Imigrasi Dabo Singkep Gelar Operasi Jagratara, Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Lingga

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dabo Singkep telah menyelenggarakan Operasi Jagratara pada 2 hingga 3 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dabo Singkep telah menyelenggarakan Operasi Jagratara pada 2 hingga 3 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Yanto Ardianto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, menjelaskan bahwa operasi ini melibatkan dua tim yang bertugas di beberapa lokasi utama. "Tim I berfokus pada wilayah Dabo Singkep dan Tim II bertugas di Kelurahan Daik dan Pancur," ungkap Yanto.

Selama operasi, tim melakukan pemeriksaan di hotel, penginapan, dan beberapa perusahaan. "Kami menemukan 9 orang asing yang menginap di hotel untuk tujuan wisata dan 5 tenaga kerja asing di PT. Thianshan Alumina Indonesia," lanjut Yanto.

Baca juga: Hadiri Kegiatan Monitor SP4N Lapor, Kadis Kominfo Lingga Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Aduan

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada pelanggaran keimigrasian yang signifikan. "Salah satu temuan adalah seorang wanita Warga Negara Vietnam pemegang Izin Tinggal Terbatas (Itas) untuk penyatuan keluarga di Pancur," jelas Yanto.

Yanto menambahkan bahwa selama operasi, petugas memberikan imbauan kepada pengelola hotel dan penginapan untuk melaporkan keberadaan orang asing ke kantor imigrasi setempat. 

"Kami juga mengimbau perusahaan untuk memastikan penggunaan tenaga kerja asing sesuai dengan izin tinggal yang berlaku," ujarnya.

Baca juga: Bupati Lingga Ground Breaking Pembangunan Amenitas Pariwisata Senilai Rp3 Miliar di Kawasan Damnah

Operasi Jagratara merupakan bagian dari upaya nasional yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk memastikan keamanan dan ketertiban dengan mengawasi aktivitas orang asing di negara ini. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan ini demi menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Lingga," pungkas Yanto.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews