Kadinkes Riau Ingatkan JCH Siapkan Fisik Hadapi Suhu Ekstrem di Arab Saudi

Kadinkes Riau Ingatkan JCH Siapkan Fisik Hadapi Suhu Ekstrem di Arab Saudi

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto. (Foto: ist)

Pekanbaru, Batamnews - Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Riau dihadapkan pada tantangan cuaca ekstrem di Arab Saudi, dimana suhu diperkirakan akan mencapai 50 derajat Celsius selama musim haji 2024. 

Mengantisipasi kondisi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto, memberikan serangkaian imbauan kepada para JCH untuk mempersiapkan diri secara fisik. Dalam pernyataannya pada Senin, 6 Mei 2024, ia menekankan pentingnya persiapan fisik bagi para JCH. 

"Kami mengimbau jemaah untuk rutin berolahraga menjelang keberangkatan. Ini vital untuk membangun stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, mengingat kondisi cuaca yang sangat panas di Arab Saudi," ujar Sri Sardono.

Baca juga: Provinsi Riau Pecahkan Rekor MURI dengan 3.500 Porsi Mie Sagu di Gebyar BBI BBWI 2024

Selain itu, Sri Sardono juga menyarankan para jemaah untuk mengatur ritme ibadah mereka sesuai dengan kondisi fisik masing-masing, khususnya menghindari aktivitas berat di bawah terik matahari. 

"Jemaah harus bijak dalam memilih waktu untuk beribadah, terutama saat suhu tidak terlalu panas. Ini akan membantu mengurangi risiko kesehatan," tambahnya.

Untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung, Sri Sardono menyarankan JCH untuk menggunakan sprayer atau botol penyemprot air untuk membantu mendinginkan tubuh. 

"Penggunaan krim dengan perlindungan UV juga sangat disarankan," ucapnya.

Baca juga: Berencana Selundupkan Ribuan Batang Rokok Ilegal ke Tembilahan, Bea Cukai Batam Tangkap 7 Orang ABK

Lebih lanjut, Sri Sardono menekankan pentingnya pemeriksaan kesehatan sebelum keberangkatan. 

"Saya menyarankan semua JCH untuk melakukan check-up kesehatan terlebih dahulu. Ini penting untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi kebutuhan medis selama berada di Tanah Suci, seperti makanan khusus atau obat-obatan," kata Sri Sardono.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga telah menetapkan jadwal keberangkatan para JCH. Dimulai pada 12 Mei 2024, JCH Riau akan berangkat dari Bandara SSK II Pekanbaru menuju embarkasi Batam. 

"Tahun ini, seluruh JCH dari Riau akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Batam, bergabung dengan Kepri dan Jambi. Ada dua jalur keberangkatan, yaitu jalur udara dan jalur laut, tergantung pada wilayah asal masing-masing JCH," ungkap Sri Sardono.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews