Disnaker: 600 Tenaga Kerja Asal Batam Dikirim ke Luar Negeri, Salah Satunya Korsel

Disnaker: 600 Tenaga Kerja Asal Batam Dikirim ke Luar Negeri, Salah Satunya Korsel

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: Asrul/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sebanyak 600 tenaga kerja asal Kota Batam telah dikirimkan untuk bekerja di luar negeri. Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam menyatakan siap menambah pengiriman tenaga kerja ke luar negeri lagi.

"Terkait dengan pekerja di luar negeri, kita professional saja. Jika memang ingin bekerja di luar negeri, silakan. Sekarang banyak tawaran kerja di Malaysia, tadi juga ada yang bekerja ke Hong Kong dan Taiwan," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Senin, 6 Mei 2024.

Ia menambahkan, pada tahun ini sudah lebih dari 600 tenaga kerja, khususnya welder, dikirim ke Korea Selatan. Ke depannya, pengiriman tenaga kerja ke luar negeri akan terus berlanjut untuk sektor-sektor lain.

Baca juga: Berencana Selundupkan Ribuan Batang Rokok Ilegal ke Tembilahan, Bea Cukai Batam Tangkap 7 Orang ABK

"Setelah welder, nanti akan banyak permintaan tenaga kerja lainnya. Kesempatan kerja di luar negeri sangat terbuka lebar," ungkapnya.

Rudi menjelaskan, untuk bekerja ke luar negeri, masyarakat dapat melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang sudah terdaftar di Kementerian Ketenagakerjaan. Masyarakat yang ragu bisa menghubungi Disnaker Kota Batam.

Sementara itu, terkait lowongan kerja dalam negeri, Disnaker Kota Batam telah melakukan sosialisasi ke seluruh perusahaan. Saat ini, sudah ada 11 batch atau angkatan yang disosialisasikan.

Baca juga: Wali Kota Batam dan Menko PMK Tegaskan Upaya Penanggulangan Stunting, Wujudkan Indonesia Emas 2045

"Seluruh perusahaan itu harus menyampaikan lowongan pekerjaannya ke kita melalui sistem Sisnaker, jangan lagi melalui Instagram dan sebagainya karena itu banyak penipuan," tegas Rudi.

Dengan demikian, Pemerintah Kota Batam memberikan kesempatan kerja yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, bagi warga Kota Batam yang ingin mendapatkan pekerjaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews