Ketua DPRD Batam Hadiri Penyerahan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak

Ketua DPRD Batam Hadiri Penyerahan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak

Ketua DPRD Batam menghadiri penyerahan kartu identitas anak di Batam oleh Kemensos. (Foto: dok.DPRD Batam)

Batam, Batamnews - Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, menghadiri acara penyerahan simbolis Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA) di halaman depan Kantor Kejaksaan Negeri Batam, Rabu, 24 Januari 2024. 

Acara ini melibatkan Kerjasama antara DPRD Kota Batam dan Kejaksaan Negeri Batam, serta dukungan dari Kementerian Sosial RI, dalam upaya memberikan dokumen kependudukan kepada anak-anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) se-Kota Batam.

DR. Hj Rismawati Hariani, MT dari Kementerian Sosial RI, dalam sambutannya menyatakan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung penerbitan Kartu Identitas Anak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 2 Tahun 2016. 

"Hanya Tuhan yang mampu memberikan kebaikan kepada seluruh bapak dan ibu di Kepri dan Provinsi Batam, terutama yang telah membantu anak-anak ini mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA)," ucap Rismawati.

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, menegaskan komitmennya untuk mendukung program Kementerian Sosial RI. Beliau menyoroti pentingnya identitas resmi bagi anak terlantar, fakir miskin, dan yatim piatu sebagai bagian dari tanggung jawab pemerintah. 

"Melalui Kementerian Sosial, Konstitusi menerapkan identitas. Salah satunya menyediakan dan memfasilitasi KIA. Dukungan dewan membantu dan memfasilitasi dalam bentuk kebijakan dan mendorong Pemerintah Daerah Kota Batam untuk mendukung program Kementerian Sosial RI," ungkap Nuryanto.

Acara ini tidak hanya simbolis tetapi juga merupakan langkah konkrit dalam memastikan bahwa setiap anak di Indonesia memiliki hak atas identitas yang diakui negara, yang mendukung perlindungan mereka dan akses ke layanan publik. Dengan KIA, anak-anak di Batam akan lebih mudah mengakses pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat terus berkembang dan meluas, tidak hanya di Kota Batam tetapi juga di wilayah lain di Indonesia, sehingga setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan penuh potensi dan hak-hak mereka terlindungi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews