Kuota Sudah Disetop Rokok Non Cukai Masih Banyak Beredar, Ini Buktinya

Kuota Sudah Disetop Rokok Non Cukai Masih Banyak Beredar, Ini Buktinya

Ilustrasi rokok non cukai di Batam. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Rokok non cukai ternyata masih banyak beredar di Batam, Kepulauan Riau. Di sejumlah minimarket, rokok non cukai masih diperjualbelikan namun peredarannya secara sembunyi-sembunyi.

Salah satu minimarket di daerah Bengkong, Batam masih menjual rokok non cukai. Tapi, tidak semua jenis tersedia, hanya menjual dua jenis merek saja seperti Luffman dan S Mild.

"Rokok non cukai masih ada, tapi hanya Luffman dan S Mild aja," ujar pelayan minimarket di daerah Bengkong tersebut, sambil mengambilkan dua jenis rokok tersebut di bawah meja, Minggu (14/2/2016).

Sambungnya, rokok jenis itu memang tidak dipajang lagi di etalase dan sengaja diletakkan di bawah saja. "Nggak boleh lagi sama bos taroh di etalase," kata dia.

BP Batam sejak bulan Juni 2015 sudah tidak mengeluarkan lagi kuota rokok non cukai. Namun, kenyataannya di lapangan rokok non cukai tersebut masih beredar bebas.

Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Tri Novianta Putra juga mengakui rokok non cukai tersebut masih banyak beredar di pasaran. "Saat ini masih banyak ditemukan rokok non cukai yang beredar di lapangan. Sementara sejak bulan Juni 2015 BP Batam sudah menyetop kuota rokok non cukai," ujarnya beberapa waktu lalu.

Alasan BP Batam menyetop dengan untuk mengevaluasi rokok non cukai tersebut. Sebab, rokok non cukai tersebut hanya bisa bertahan selama tiga bulan.

"Kami sedang mengevaluasi rokok non cukai tersebut. Sebab rokok itu hanya bisa bertahan tiga bulan, lebih dari tiga bulan rasanya sudah berbeda dan terkadang berjamur," ujar Tri Novianta Putra.

Di Batam saat ini, sambungnya, pabrik rokok non cukai hanya ada tiga pabrik, selebihnya impor dari Cina. Seharusnya sejak bulan Juni 2015 rokok tersebut sudah tidak beredar lagi.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews