Trans Batam Implementasikan Pembayaran Non Tunai demi Kemudahan Penumpang

Trans Batam Implementasikan Pembayaran Non Tunai demi Kemudahan Penumpang

Bus Trans Batam. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sejak Januari 2023, Trans Batam telah menerapkan sistem pembayaran non tunai untuk memudahkan para penumpang dalam bertransaksi. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya mendukung Kota Batam menjadi kota digitalisasi.

"Trans Batam menggunakan sistem pembayaran non tunai dari Januari tahun 2023, ini merupakan kebijakan dari pemerintah," kata Roni, petugas di Halte Rute Punggur.

Sistem pembayaran non tunai ini memungkinkan penumpang untuk menggunakan berbagai metode pembayaran elektronik, termasuk Kartu Brizzi, QRIS, LinkAja, AstraPay, GoPay, Ovo, ShopeePay, DANA, dan M-banking. Hal ini memungkinkan penumpang untuk melakukan transaksi dengan cepat dan aman.

Baca juga: Bus Trans Batam Libur Beroperasi Saat Hari Pertama Idul Fitri

Meskipun demikian, Roni menjelaskan bahwa masih ada beberapa penumpang yang mengeluh karena tidak tahu cara menggunakannya. "Sampai sekarang masyarakat masih ada yang mengeluh karena tidak tahu kalau Trans Batam menggunakan sistem pembayaran non tunai," ungkapnya.

Sebagai solusi, penumpang yang tidak memiliki kartu Brizzi atau kesulitan menggunakan sistem pembayaran non tunai dapat meminta bantuan kepada penumpang lain atau petugas. 

"Petugas yang membantu, tetapi kami mengingatkan kembali agar penumpang bisa menyiapkan kartu Brizzi atau uang elektronik untuk naik Trans Batam," jelas Roni.

Baca juga: Cerita Pengguna Aplikasi Sip TB Trans Batam: Kuota hingga Eror

Penggunaan sistem pembayaran non tunai di Trans Batam juga membantu mengurangi waktu tunggu di halte atau terminal, karena transaksi menjadi lebih cepat dan efisien. Para penumpang menyambut baik inisiatif ini, menyatakan bahwa sistem pembayaran non tunai membuat perjalanan mereka lebih praktis dan nyaman.

"Kalau untuk saya sendiri lebih mudah menggunakan QRIS karena lebih cepat aja enggak harus tunggu kembaliannya," kata Juwita, salah satu penumpang Trans Batam.

Langkah Trans Batam dalam mengimplementasikan pembayaran non tunai menunjukkan komitmen mereka dalam mengikuti perkembangan teknologi dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi semua penumpang.

Penulis: Keassy Simanjuntak
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews