Pj Walikota Pekanbaru Buka Festival Lampu Colok: Melestarikan Budaya Melayu di Kecamatan Bukit Raya

Pj Walikota Pekanbaru Buka Festival Lampu Colok: Melestarikan Budaya Melayu di Kecamatan Bukit Raya

Pj Walikota Pekanbaru buka Festival Lampu Colok Kecamatan Bukit Raya di Masjid Al-Muqarrobin.

Pekanbaru, Batamnews - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, secara resmi membuka Festival Lampu Colok Kecamatan Bukit Raya di Masjid Al-Muqarrobin, Jalan Raya Pasir Putih, Jalan Kuaran Gg. Masjid 1, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukitraya pada Jumat, 5 April 2024 malam. 

Acara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Ketua PKK Pekanbaru, Raja Rilla Muflihun, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru, Masykur Tarmizi.

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, dengan antusias menyambut dan mengapresiasi kontribusi serta semangat masyarakat Bukit Raya dalam menjaga dan melestarikan nilai khazanah budaya Melayu, yaitu lampu colok. 

Baca juga: Kapolda Kepri Bagikan 216 Tiket Gratis Lebaran, Wajah Ceria Masyarakat Akhirnya Mudik Gratis!

"Pelestarian budaya lokal masyarakat Melayu ini harus tetap bersinar agar tak hilang ditelan zaman, yang mana memiliki keunikan tersendiri," ujarnya kepada wartawan pada Jumat, 5 April 2024 malam.

Meskipun begitu, Muflihun menekankan agar kemeriahan dan keindahan Festival Lampu Colok ini tidak mengurangi semangat ibadah di bulan suci Ramadan. "Apalagi kita sudah berada di malam-malam terakhir Ramadan," katanya.

Pj Walikota juga menegaskan bahwa menjaga dan melestarikan tradisi budaya lokal ini adalah tugas bersama bagi semua pihak, termasuk masyarakat, pemerintah, tokoh adat, tokoh masyarakat, budayawan, tokoh pemuda, serta semua elemen yang ada di Kota Pekanbaru, agar dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga: Mrs Singapore Malays Internasional Berbagi Sembako Bersama Laskar Panahan Karimun

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Bukit Raya agar dapat mengikuti Festival Lampu Colok yang akan dipusatkan di MPP Jalan Sudirman pada hari Sabtu, 6 April 2024 malam, tepatnya setelah salat tarawih," tambahnya.

Dengan demikian, Festival Lampu Colok menjadi momentum penting dalam memperkokoh keberagaman budaya lokal dan semangat kebersamaan di Kota Pekanbaru.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews