Penetapan Idul Fitri 2024 Kementerian Agama Tetapkan Sidang Isbat pada 9 April, Kapan Idul Fitri?

Penetapan Idul Fitri 2024 Kementerian Agama Tetapkan Sidang Isbat pada 9 April, Kapan Idul Fitri?

Kementerian Agama telah menetapkan bahwa sidang isbat.

Jakarta, Batamnews - Kementerian Agama telah menetapkan bahwa sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 akan digelar pada tanggal 9 April mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki, dalam pernyataannya kepada wartawan pada hari Kamis, 28 Maret 2024.

Menurut Saiful, penentuan tanggal sidang isbat tersebut telah mempertimbangkan ketentuan posisi hilal, yang harus memenuhi kriteria Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), di mana ketinggian hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Baca juga: TP PKK Bintan Bagikan 300 Takjil kepada Pengguna Jalan, Membangkitkan Kepedulian Sosial di Tanjung Uban

Diperkirakan, Idul Fitri 2024 kemungkinan besar akan jatuh pada tanggal 10 April. Apabila hal ini terjadi, maka Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh umat Muslim di Indonesia. 

Namun, penegasan akhir mengenai hal ini akan dilakukan setelah sidang isbat pada tanggal 9 April di Jakarta.

Muhammadiyah telah lebih awal menetapkan tanggal Hari Raya Idul Fitri 2024, yang juga jatuh pada tanggal 10 April. Hal ini didasarkan pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Sementara itu, NU, yang biasanya bersamaan dengan penetapan Muhammadiyah, menggunakan metode "rukyatul hilal", yang merujuk pada pengamatan langsung bulan sabit yang tak terlihat bulan berjalan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari. 

Baca juga: Bazar Makanan di Cipta Puri Tiban, Surga Kuliner untuk Berbuka Puasa di Batam

Meskipun metode ini berbeda dengan Muhammadiyah, kebanyakan hari raya Idul Fitri di Indonesia tetap bersamaan dengan NU karena menggunakan metode yang serupa dengan pemerintah.

Sidang isbat yang akan dilakukan pada tanggal 9 April nanti diharapkan dapat memberikan kepastian tentang penentuan awal bulan Syawal 1445 Hijriah, sehingga seluruh umat Muslim dapat bersiap-siap untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri secara bersama-sama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews