Wapres Dorong Pengembangan Ekonomi Halal di Kepulauan Riau: Potensi Produk Kelautan dan Perikanan Global

Wapres Dorong Pengembangan Ekonomi Halal di Kepulauan Riau: Potensi Produk Kelautan dan Perikanan Global

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat bersama dengan Gubernur Kepri saat membuka Kurma Fair 2024.

Tanjungpinang, Batamnews - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meminta pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) terus menggali potensi unggulan daerah dan meningkatkan nilai tambah industri produk halal lokal.

Dalam acara pembukaan Kepulauan Riau Ramadhan (KURMA) Fair 2024 di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Jumat, Wapres menyatakan bahwa Kepri, dengan 97 persen lebih kawasan perairan laut, kaya akan hasil laut dan memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi biru. 

Oleh karena itu, ekosistem rantai nilai halal pada sektor ini patut terus dikembangkan.

"Harapannya banyak produk halal sektor perikanan dan kelautan di Kepri akan mengglobal, serta transformasi ekonomi daerah terdorong ke arah yang lebih inklusif dan berkelanjutan," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Resmikan KURMA Fair 2024 di Tanjungpinang: Dorong Ekonomi Syariah dan Produk Halal

Wapres juga menyoroti potensi pengembangan logistik halal yang dapat lebih digali di Kepri, termasuk peluang pembangunan pelabuhan logistik halal yang akan menjadikan Kepri sebagai hub perdagangan halal internasional. 

Hal ini dapat dikembangkan melalui kolaborasi dengan lembaga halal negara lain untuk mendorong pengembangan ekosistem halal regional dan global.

Dalam upaya mengembangkan ekosistem rantai nilai halal, Wapres menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilakukan, antara lain penguatan infrastruktur ekosistem rantai nilai halal, peningkatan efektivitas proses bisnis sertifikasi halal, penguatan pada sektor hulu, dan pemberian beragam insentif fiskal dan nonfiskal untuk menaikkan partisipasi pelaku rantai nilai halal.

Wapres juga menekankan pentingnya program kurasi, inkubasi, dan pendampingan usaha syariah agar dioptimalkan, dengan melibatkan komunitas masyarakat, termasuk masjid dan pesantren. Komitmen pendampingan idealnya dilakukan sampai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berhasil mengekspor produk halal ke pasar global.

Baca juga: Kapolda Kepri Sambut Kedatangan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Istri Beserta Rombongan

Diperlukan juga inovasi dan kolaborasi riset serta pemanfaatan teknologi dalam penguatan ekosistem rantai nilai halal yang inklusif, beretika, dan berkelanjutan. Wapres meyakini bahwa inovasi pemanfaatan teknologi digital, seperti dalam proses ketertelusuran halal, akan mengakselerasi pengembangan ekosistem rantai nilai halal.

Wapres Ma'ruf Amin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan Kepulauan Riau Ramadhan Fair 2024 di Tanjungpinang. 

Ia berharap acara ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri halal Indonesia, khususnya Kepri, dan meningkatkan daya saing serta produktivitas pelaku UMKM di Kepri agar mampu menembus pasar global.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews