Wakil Presiden Ma'ruf Amin Resmikan KURMA Fair 2024 di Tanjungpinang: Dorong Ekonomi Syariah dan Produk Halal

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat meresmikan Ramadan Fair 2024 di Tugu Sirih Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri dan meresmikan kegiatan Kepulauan Riau Ramadhan (KURMA) Fair 2024 dengan pemukulan beduk di halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, pada Jumat, 15 Maret 2024. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Bank Indonesia, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 19 sampai 24 Maret 2024, di Gedung Daerah dan Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin, yang juga Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), mengapresiasi inisiatif KDEKS Kepri dalam menyelenggarakan KURMA 2024 yang sejalan dengan arahan KNEKS. 

Baca juga: Wakil Presiden RI Maruf Amin Tiba di Tanjungpinang Besok akan Buka Kegiatan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Tugu Sirih

Menurutnya, KURMA 2024 adalah langkah strategis bagi percepatan ekonomi dan keuangan syariah di Kepri, serta menjadi sarana bagi pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat untuk berkolaborasi menguatkan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan.

Wapres juga berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Kepri, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk dan jasa halal. 

Dia menegaskan bahwa efek positif dari acara ini tidak hanya dirasakan di Kepri, tetapi juga oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Selain KURMA Fair 2024, juga dibuka seminar internasional "Produk Halal Go Global Navigating and Challenge" di Gedung Daerah. 

Seminar ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pengembangan ekosistem rantai nilai halal, serta sarana literasi produk halal dan meningkatkan daya saing UMKM menuju pasar global.

Baca juga: Wapres RI Ma'ruf Amin Bersama Gubernur Ansar Terawih di Masjid Al-Uswah

Acara KURMA Fair 2024 mencakup berbagai kegiatan seperti kompetisi pondok pesantren unggulan, lembaga ziswaf unggulan, dakwah ekonomi syariah, lomba konten ekonomi syariah, lomba fashion design, kompetisi masakan halal, wirausaha muda syariah, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, hingga perlombaan lokal lainnya. Selain kompetisi, juga akan digelar seminar, sertifikasi nazhir wakaf, gerakan wakaf, pameran produk UMKM halal, business matching untuk ekspor, gerakan pangan murah, dan bazar Ramadhan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kepri sesuai visi KDEKS, yang meliputi peningkatan industri halal, penguatan lembaga keuangan syariah, optimalisasi keuangan sosial syariah, penguatan bisnis syariah digital, hingga penguatan infrastruktur dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Selama acara, Wapres Ma'ruf Amin dan rombongan juga meninjau produk-produk UMKM yang ditampilkan dalam KURMA Fair 2024 di pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang. Hadir dalam acara ini juga Gubernur Kepri Ansar Ahmad.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews