TNI AU Kemungkinan Tempatkan Skuadron Tempur di Natuna

TNI AU Kemungkinan Tempatkan Skuadron Tempur di Natuna

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Danlanud Ranai, Kolonel (Pnb) Nurtantio Affan mengakui jika pertahanan TNI AU di Natuna saat ini semakin ditingkatkan. Ia menyebut, bukan tidak mungkin di Natuna ditempatkan skuadron baik yang bertipikal tempur atau taktis.

Natuna sebagai lokasi pulau terluar Indonesia saat ini menjadi perhatian khusus pemerintah. Apalagi berbagai isu tak sedap belakangan sering muncul terkait konflik laut cina selatan, yang lokasinya berdekatan dengan Natuna. 

Pemerintah pun tak gentar. Eksistensi NKRI seakan semakin ditingkatkan, apalagi di bidang pertahanan.

"Peningkatan fasilitas kini sudah meningkat, apalagi Lanud sudah naik tipe. Kedepan  pastinya akan ada rencana jangka panjang, bisa jadi di sini disiagakan skuadron khusus, kalau tipikalnya bisa taktis ataupun tempur seperti Sukhoi, bisa saja," ujar Affan, usai meninjau para pilot penerbang Jet tempur Hawk dari skuadron 1 Pontianak yang tengah latihan di Natuna, Selasa (10/2/2016) 

Menurutnya saat ini secara temporary beberapa skuadron udara kerap bermarkas di Natuna, dalam operasi satuan tugas udara. 

Bandara Lanud Ranai pun dikatakannya sudah meningkatkan kemampuan.  "ATC (Air Traffic Control) kita sudah punya wewenang bisa memberikan clearence terkait take off untuk landing pesawat," ujarnya.

 

[fox]