Timnas Indonesia Tergelincir 1-3 dari Jepang, Menanti Takdir Grup E dan F

Timnas Indonesia Tergelincir 1-3 dari Jepang, Menanti Takdir Grup E dan F

Sandy Walsh saat membela Timnas Indonesia (Foto: AFC)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari Jepang dalam pertandingan Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama pada Rabu, 24 Januari 2024. Gol-gol dari Ayase Ueda dan gol bunuh diri Justin Hubner menjadi pembeda dalam laga ini.

Jepang memimpin lebih dulu dengan gol penalti Ayase Ueda pada menit keenam. Gol tersebut tercipta setelah Ueda dilanggar oleh Jordi Amat di kotak terlarang. 

Wasit Khamis Mohamed Al-Marri memutuskan untuk memberikan penalti setelah melihat VAR, dan Ueda sukses menjalankan tugasnya dengan tembakan keras yang tidak bisa dibendung oleh kiper Ernando Ari.

Baca juga: Head to Head Jepang Vs Indonesia: Skuad Garuda Pernah 5 Kali Taklukkan Samurai Biru

Timnas Indonesia berjuang keras di babak pertama untuk mengejar ketertinggalan, namun kesulitan membongkar pertahanan Jepang membuat mereka lebih mengandalkan umpan panjang ke depan. Meskipun demikian, Jepang hanya unggul 1-0 di babak pertama.

Di awal babak kedua, Jepang kembali mencetak gol melalui Ayase Ueda pada menit ke-52. Gol tersebut merupakan hasil serangan terkoordinasi yang diakhiri dengan umpan silang Ritsu Doan ke arah Ueda.

Meski tertinggal dua gol, Timnas Indonesia tetap berusaha mengejar dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Elkan Baggott. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil, bahkan kondisi semakin sulit setelah gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-88.

Timnas Indonesia baru berhasil mencetak gol hiburan pada masa injury time melalui aksi Sandy Walsh, tetapi itu tidak cukup untuk mengubah nasib tim. Skor akhir 1-3 membuat Timnas Indonesia harus menunggu hasil laga grup E dan F untuk menentukan nasib mereka di Piala Asia 2023.

Baca juga: Update Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Tercecer ke Peringkat Keempat, Peluang Babak 16 Besar Menipis?

Susunan pemain untuk kedua tim:

Jepang XI:
- Zion Suzuki; Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama, Koki Machida, Seiya Maikuma; Ritsu Doan (Junya Ito 86), Keito Nakamura (Daizen Maeda 69), Wataru Endo, Rei Hatate (Takumi Minamino 69), Takefusa Kubo (Tsuyoshi Watanabe 82); Ayase Ueda

Indonesia XI:
- Ernando Ari Sutaryadi; Pratama Arhan, Jordi Amat, Rizky Ridho, Justin Hubner, Sandy Walsh; Yakob Sayuri (Witan Sulaeman 54), Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Egy Maulana Vikri (Elkan Baggott 73), Rafael Struick (Ricky Kambuaya 89)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews