Update Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Tercecer ke Peringkat Keempat, Peluang Babak 16 Besar Menipis?

Update Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Tercecer ke Peringkat Keempat, Peluang Babak 16 Besar Menipis?

Timnas Indonesia saat bertanding di Irak (Foto: Timnas)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia kembali mengalami penurunan peringkat setelah Palestina berhasil mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-0 pada laga terakhir Grup C Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Selasa, 23 Januari 2024.

Oday Dabbagh menjadi bintang kemenangan Palestina dengan mencetak dua gol pada menit ke-12 dan 60, sedangkan gol lainnya dicetak oleh Zeid Qunbar pada menit ke-48. 

Hasil ini membuat Palestina menduduki peringkat ketiga klasemen Grup C dengan koleksi empat poin, di bawah Iran dan Uni Emirat Arab yang menempati dua posisi teratas.

Baca juga: Timnas Indonesia Terancam di Piala Asia 2023: Australia Juara Grup, Suriah Semakin Dekat

Dengan raihan empat poin, Palestina berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat ketiga terbaik. 

Saat ini, Palestina memimpin klasemen peringkat tiga terbaik, unggul produktivitas gol dari Suriah yang juga mengoleksi empat poin. Sementara itu, Suriah memastikan tempat di fase knockout setelah meraih kemenangan 1-0 atas India di pertandingan terakhir Grup B di Stadion Al Bayt. 

Kemenangan tersebut membuat Suriah menempati posisi kedua klasemen peringkat tiga terbaik, di bawah Palestina dan di atas Bahrain.

Sayangnya, Timnas Indonesia harus rela turun ke posisi keempat setelah hasil imbang 1-1 melawan Jepang pada laga pamungkas Grup D. 

Baca juga: Perebutan Tiket Babak 16 Besar Piala Asia: Qatar, China, Tajikistan, dan Lebanon Beraksi Hari Ini

Meskipun memiliki jumlah poin (tiga angka) dan gol yang sama dengan Bahrain, Indonesia kalah dalam urusan disiplin dengan lebih banyak mendapat kartu kuning.

Dengan demikian, klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 saat ini adalah:
1. Palestina: 4 poin
2. Suriah: 4 poin
3. Bahrain: 3 poin
4. Indonesia: 3 poin
5. China: 2 poin
6. Oman: 1 poin

Indonesia masih memiliki peluang untuk melangkah ke babak 16 besar, dan saat ini, hanya empat tim teratas klasemen peringkat tiga terbaik yang berhak melanjutkan perjalanan mereka di turnamen ini, mendampingi juara grup dan runner-up. 

Tim Merah Putih kini akan menantikan hasil pertandingan selanjutnya untuk menentukan takdir mereka di Piala Asia 2023.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews