Timnas Indonesia Terancam di Piala Asia 2023: Australia Juara Grup, Suriah Semakin Dekat

Timnas Indonesia Terancam di Piala Asia 2023: Australia Juara Grup, Suriah Semakin Dekat

Timnas Suriah usai menang 1-0 atas India di Piala Asia 2023. (Foto: The AFC)

Jakarta, Batamnews - Pertandingan penutup fase grup B Piala Asia 2023 mempersembahkan dua laga seru yang mengukuhkan Australia sebagai juara grup, sementara Suriah menghentikan pesta Timnas Indonesia untuk sementara waktu.

Di Stadion Al Janoub, Doha, Australia harus puas berbagi angka 1-1 dengan Uzbekistan. Negeri Kanguru unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Boyle pada menit ke-45+1, namun keunggulan tersebut sirna setelah gol Turgunboyev (78') membawa Uzbekistan menyamakan kedudukan.

Sementara itu, Suriah berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas India, berkat gol semata wayang Omar Khrbin pada menit ke-76.

Baca juga: Perebutan Tiket Babak 16 Besar Piala Asia: Qatar, China, Tajikistan, dan Lebanon Beraksi Hari Ini

Hasil-hasil ini membuat Australia menutup fase grup dengan raihan tujuh angka dari tiga pertandingan, terdiri dari dua kemenangan dan satu kali imbang. Uzbekistan, dengan koleksi lima poin, menemani Australia melaju ke babak 16 besar sebagai peringkat kedua grup.

Namun, kemenangan Suriah menjadi pukulan telak bagi Timnas Indonesia. Meskipun bermain dengan baik, Tim Merah Putih harus menunda impian melaju ke babak 16 besar karena posisinya tergeser ke urutan ketiga di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik.

Meski demikian, Timnas Indonesia masih memiliki peluang. Dengan hasil imbang melawan Jepang, mereka belum dapat menyalip Suriah karena kalah selisih gol. Situasinya semakin menarik karena Suriah juga belum aman, masih bergantung pada hasil tim lain.

Baca juga: Pekan Kedua Piala Asia 2023: Ditutup Kemenangan Arab Saudi, Indonesia Lolos 16 Besar? 

Sekarang, Timnas Indonesia harus menantikan hasil dari laga grup lain, khususnya pertandingan antara Hong Kong dan Palestina yang akan digelar pada Selasa, 23 Januari 2024, pukul 22.00 WIB. 

Jika laga tersebut berakhir imbang, Timnas Indonesia dan Suriah akan memastikan diri melaju ke babak 16 besar, mengakhiri teka-teki di grup B Piala Asia 2023.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews