Lomba Masak Lempeng Khas Melayu Meriahkan Peringatan Hari Ibu di Desa Tanjung Harapan

Lomba Masak Lempeng Khas Melayu Meriahkan Peringatan Hari Ibu di Desa Tanjung Harapan

Ketua TP-PKK Desa Tanjung Harapan, Fahrumiyati. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Memperingati Hari Ibu tahun 2023, Pemerintah Desa Tanjung Harapan bersama Tim Penggerak PKK mengadakan lomba memasak lempeng dengan berbagai jenis bahan dasar dan lauk-pauk tradisional Melayu. 

Kegiatan ini diselenggarakan di halaman BUMDes Amanah, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, pada Selasa, 26 Desember 2023.

Ketua TP-PKK Desa Tanjung Harapan, Fahrumiyati, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan masakan tradisional Melayu. 

Peserta lomba dibagi menjadi empat kelompok (Pokja 1 hingga Pokja 4), dengan tantangan membuat lempeng dari sagu, ubi jalar, dan pisang serta disertai lauk-pauk tradisional seperti gulai ikan pari, ikan hiu, dan lain-lain.

Baca juga: KPU Lingga Terima 383.815 Lembar Surat Suara untuk Pemilu 2024

Kriteria penilaian dalam lomba ini mencakup dekorasi, kostum memasak, cita rasa, dan penyajian yang bernuansa Melayu. "Kami ingin menghidupkan suasana kampung Melayu dan melestarikan kearifan lokal melalui kegiatan ini," ungkap Fahrumiyati.

Selain sebagai ajang perlombaan, kegiatan ini juga diisi dengan aksi sosial, yaitu pembagian bahan pokok makanan kepada warga lanjut usia di atas 70 tahun sebagai bagian dari peringatan Hari Ibu.

Fahrumiyati berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan tradisi kuliner Melayu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Desa Tanjung Harapan atas dukungan mereka dalam program kerja TP-PKK Desa Tanjung Harapan.

"Kami berharap PKK Desa Tanjung Harapan tetap kompak dan dapat membiasakan setiap rumah menyiapkan hidangan khas Melayu agar tradisi ini terus terjaga," harap Fahrumiyati.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews