Belum Berlaku, Aplikasi E-Ticketing di Pelabuhan Tanjungpinang Kembali di Ujicoba

Belum Berlaku, Aplikasi E-Ticketing di Pelabuhan Tanjungpinang Kembali di Ujicoba

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Tanjungpinang, Batamnews - Hari ini, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang telah melakukan evaluasi terhadap aplikasi E-Ticketing yang akan segera diuji coba di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. 

Pada Senin, 18 Desember 2023, Kasi Lalu Lintas Pelabuhan, Imran, menyampaikan bahwa evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Laut melalui Surat Edaran nomor 33 tahun 2023.

Imran menjelaskan, "Makanya hari ini kita evaluasi dulu, kalau sudah memenuhi persyaratannya bisa segera kita uji cobakan." 

Baca juga: Mulai Berlaku Besok, E-Ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura Ini Respon Pemko Tanjungpinang

Ia menambahkan bahwa terdapat berbagai poin dan aturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah mencantumkan nomor kursi yang akan diduduki oleh setiap penumpang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepada penumpang terkait tempat duduk dan waktu keberangkatan.

"Kalau semua sudah kita anggap sesuai, segera kita lakukan uji coba, mungkin besok bisa," kata Imran. Dia menegaskan bahwa uji coba E-Ticketing akan diupayakan dilakukan selama posko nataru berdiri, guna mencegah penumpukan penumpang di pelabuhan.

Imran menambahkan, "Tentu tidak mengganggu, karena dengan adanya E-Ticketing, semua penumpang mendapat kepastian." Ia juga mengungkapkan bahwa aplikasi E-Ticketing akan menggunakan aplikasi MKP dengan tambahan biaya sebesar Rp1.500 untuk setiap transaksi.

Baca juga: Penyelidikan Kartel Harga Tiket Ferry Batam-Singapura oleh KPPU Berlanjut

Dengan adanya sistem E-Ticketing, diharapkan proses keberangkatan penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menjadi lebih efisien dan memberikan kenyamanan serta kepastian kepada para penumpang. 

Setelah melalui evaluasi, pihak berwenang akan segera menentukan jadwal pelaksanaan uji coba untuk memastikan kesiapan dan kelayakan sistem tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews