Kasus Pneumonia Misterius di China, Dinkes Batam Siapkan Langkah Antisipasi

Kasus Pneumonia Misterius di China, Dinkes Batam Siapkan Langkah Antisipasi

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Kasus pneumonia misterius yang sebelumnya ditemukan di China, saat ini telah dilaporkan mulai terdeteksi di Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah mengambil langkah cepat dengan memperketat pengawasan di pintu masuk negara, termasuk di bandara dan pelabuhan.

Sementara di Kota Batam, upaya persiapan terhadap potensi kasus pneumonia misterius yang dapat masuk ke wilayah tersebut telah dilakukan. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmayadi memastikan kesiapan rumah sakit untuk menangani kemungkinan kasus baru dengan memberikan tanggapan yang memastikan kesediaan fasilitas kesehatan di Kota Batam.

"Fasilitas kesehatan di Batam sudah siap untuk menghadapi kemungkinan kasus baru, baik dari segi tempat isolasi maupun perawatan yang dibutuhkan," kata dia, Rabu, 13 Desember 2023.

Baca juga: Lonjakan Kasus ISPA Pneumonia pada Anak-anak di Pekanbaru: Waspada Dampak Kabut Asap

Dirinya menegaskan bahwa belum ada laporan adanya pasien yang terpapar pneumonia dari China di Batam. Kadinkes menegaskan bahwa sampai saat ini, belum ada laporan resmi dari fasilitas kesehatan maupun instansi terkait mengenai kasus tersebut.

"Sampai saat ini, belum ada laporan resmi dari fasilitas kesehatan maupun instansi terkait mengenai kasus tersebut. Kasus ISPA di Batam juga belum menunjukkan peningkatan yang signifikan," tegasnya.

Kadinkes Batam mengimbau dan menekankan pentingnya penggunaan masker dan menjaga kondisi tubuh dengan olahraga serta konsumsi makanan bergizi untuk pencegahan. 

"Karena pneumonia menyerang sistem pernapasan, maka diharapkan masyarakat menggunakan masker dan menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Protokol kesehatan dan PHBS menjadi upaya pencegahan penyebaran penyakit di sekitar kita," tutupnya.

Baca juga: Mulai Terkuak, Ini Temuan di Balik Geger Kematian Pneumonia Misterius
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews