Demo Lagi di Batam, 5.000 Buruh FSPMI Akan Tuntut Ini

Demo Lagi di Batam, 5.000 Buruh FSPMI Akan Tuntut Ini

Demo buruh beberapa waktu lalu. (Foto: BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, akan menggelar aksi demo di depan kantor Walikota Batam dan gedung Graha Kepri, Selasa (2/2/2016).

Sekretaris FSPMI Kota Batam, Suprapto mengatakan, besok, Selasa 2 Februari 2016 FSPMI Batam akan melakukan aksi ke kantor Walikota Batam dan gedung Graha Kepri.

"Besok sekitar 5000 orang anggota akan diturunkan dalam aksi demo tersebut, kita tetap menuntut tiga hal," ujar Suprapto, saat dikonfirmasi batamnews.co.id, Senin (1/2/2016) sore.

Suprapto menjelaskan, tiga hal yang menjadi tuntutan buruh yakni, penolakan Surat Keterangan (SK) Gubernur mengenai UMK 2016 yang menghilangkan upah sektoral atau kelompok usaha. Sebab, tidak mencerminkan sebuah keadilan mengenai upah terhadap buruh.

Kemudian, sambungnya, buruh meminta upah sektoral diberlakukan sesuai kesepakatan dewan pengupahan yang di dalamnya ada unsur pengusaha, dan yang ketiga, penolakan terhadap PP Nomor 78 Tahun 2015 yang dianggap menyengsarakan buruh.

"Gubernur dan Wali Kota jangan saling lempar tanggungjawab terhadap hal ini," tegas Suprapto.

Ia menambahkan, apabila tidak mendapat tanggapan yang serius dari gubernur. Maka pada tanggal 3 dan 4 Februari kita akan melanjutkan aksi ke kantor DPRD Provinsi serta kantor gubernur di Tanjungpinang.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews