Hadapi Pemilu 2024 di Kepri, Kabinda: BIN Kepri Netral, Media Harus Jaga Independensi

Hadapi Pemilu 2024 di Kepri, Kabinda: BIN Kepri Netral, Media Harus Jaga Independensi

Kepala BIN Kepulauan Riau Brigjen Bonar Panjaitan bersama sejumlah pimpinan media di Batam (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews.co.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Kepulauan Riau Brigjen TNI Bonar Panjaitan menggelar pertemuan dengan sejumlah pemimpin media massa di Batam, Kepulauan Riau, 28 November.

Baca juga: Bawaslu Karimun Deklarasi Pemilu Damai 2024

Bonar juga menyatakan bahwa BIN tetap netral dalam menyambut perhelatan akbar Pemilu 2024 nantinya. "BIN netral dalam Pemilu. Tidak ada kepentingan apa-apa selain untuk negara," ujar Bonar saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Kantor Peradi Batam, 28 November.

Dalam kesempatan itu hadir beberapa pimpinan media di Kepulauan Riau seperti Pemimpin Redaksi Batamnews.co.id Zuhri Muhammad, Pemred Batampos M Iqbal, Redaktur Senior Tribun Batam Sihat Manalu, Pempred Swarakepri.com Rudi Panjaitan, dan beberapa pimpinan media lainnya.

Baca juga: Sepasang Lumba-lumba Warna Putih dan Abu-abu Muncul di Perairan Jembatan Barelang Batam

Dalam kesempatan itu, Bonar sedikit memaparkan mengenai kondisi geografis hingga geopolitik di Kepulauan Riau hingga internasional. Terutama kerawanan yang berkaitan dengan Pemilu.

"Kita butuhkan kondusifitas agar Pemilu berjalan lancar dan damai," ujar Kepala BIN Kepri.

BIN, menurut Bonar, sebagai ujung tombak dalam mengantisipasi dini dan memberikan sinyal mengenai kondisi keamanan negara terutama terhadap isu-isu strategis.

Baca juga:  Status WhatsApp Istri PJ Walikota Tanjungpinang Tersebar, Sindiran Pedas ke Mantan Wako Rahma

Bonar juga menyatakan, peran media sangat penting dalam menggiring opini masyarakat. Apalagi media massa adalah bagian dari empat pilar demokrasi. Ia berharap media dapat menjaga independensi dalam setiap menjalankan tugas jurnalistiknya.

"Kita berharap media menjalankan tugasnya dengan independen, tidak terlibat politik praktis, dan bisa menjaga netralitas, karena kita tahu media adalah empat pilar demokrasi," ujar Bonar.

Dalam kesempatan itu, Bonar menyampaikan selain media, perangkat Pemilu, seperti KPU dan Bawaslu, serta elemen masyarakat lainnya, juga peran penting media dalam menjaga kondusifitas menjelang maupun saat Pemilu 2024 nantinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews