Bawaslu Batam Gelar Deklarasi Kampanye Damai dan Apel Siaga Pemilu 2024

Bawaslu Batam Gelar Deklarasi Kampanye Damai dan Apel Siaga Pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam menggelar deklarasi kampanye pemilu damai dan apel siaga pada pagi hari ini, Selasa, 28 November 2023.

Batam, Batamnews - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam menggelar deklarasi kampanye pemilu damai dan apel siaga pada pagi hari ini, Selasa, 28 November 2023.

Acara yang berlangsung di halaman Kantor Bawaslu Kota Batam tersebut dihadiri oleh utusan partai politik serta berbagai institusi terkait. Turut hadir dalam acara ini adalah Jefridin, yang tampil sebagai perwakilan Wali Kota Batam.

Apel kesiagaan ini menjadi momen penting untuk menggalang komitmen bersama dalam menjaga kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kota Batam. 

Jefridin dalam pidatonya mengimbau seluruh masyarakat Batam untuk turut serta mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilu. Selain itu, ASN Kota Batam juga diingatkan untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Baca juga: Gubernur Ansar Ahmad Hadir Apel Siaga Satlinmas : Menyongsong Pemilu 2024 dengan Semangat Gotong Royong dan Solidaritas

"Mulai saat ini, mari kita bergandeng tangan dengan Bawaslu Kota Batam untuk menjaga netralitas. Jangan terpecah belah dan mari kita sukseskan Pemilu tahun 2024, mulai dari pemilihan presiden, wakil presiden, DPD, hingga anggota legislatif di tingkat pusat, provinsi, dan kota," ungkap Jefridin.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Antonius Itolaha Gaho, menjelaskan bahwa deklarasi kampanye pemilu damai dan apel siaga ini merupakan langkah yang disengaja untuk mencegah dan meneguhkan komitmen para peserta pemilu dalam menciptakan kampanye yang damai. 

Harapannya, proses kampanye dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami juga mengimbau kepada para peserta pemilu agar mematuhi aturan kampanye. Jika peserta pemilu patuh, dipastikan pemilu dan kampanye akan berlangsung tertib dan lancar," ujar Antonius.

Baca juga: Gaji Petugas Penyelenggara Pemilu 2024 Naik, Tertarik Daftar Segini Nilainya!

Gaho juga mengajak seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan (PKD) untuk melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan undang-undang, sehingga Pemilu di Kota Batam dapat berjalan secara transparan dan akuntabel. 

Bawaslu Kota Batam, lanjutnya, menjadi solusi dalam upaya pencegahan, pengawasan, dan penindakan atas pelanggaran Pemilu.

"Dengan tinggalnya waktu 77 hari lagi menuju pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Serentak, ini adalah momentum puncak dari rangkaian pemilu. Segera akan dilaksanakan Pemilu Calon Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota," ucapnya.

"Saya meminta kepada seluruh Panwascam dan TKD untuk mewujudkan maskot Bawaslu, yaitu WASRA (Pengawas Responsif dan Adil) dan WASRI (Pengawas Berintegritas)," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews