Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KSOP Tanjungpinang Jalankan Perintah SE Ditjen 

Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KSOP Tanjungpinang Jalankan Perintah SE Ditjen 

Kapal Roro saat berlayar meninggalkan pelabuhan di Tanjungpinang.

Tanjungpinang, Batamnews - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), tengah giat melakukan uji kelaikan kapal penumpang dalam persiapan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Proses uji kelaikan ini berlangsung sejak 18 Oktober hingga 30 November 2023, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Perhubla), Kementerian Perhubungan RI.

Kepala Seksi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK) Kantor KSOP Tanjungpinang, Capt Sumidi, menjelaskan bahwa uji kelaikan melibatkan enam kapal penumpang di wilayah pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. 

Salah satu kapal yang telah melalui proses ini adalah KM Sabuk Nusantara 36. Bagian dari pengujian ini melibatkan pengecekan alat keselamatan, seperti jaket keselamatan dan rakit penyelamat penumpang.

Baca juga: HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional di Bintan, Digelar di Simpang Lagoi

"Kita pastikan bahwa alat-alat tersebut berfungsi dengan baik, dan penumpang mengetahui kalau alat keselamatan itu sudah tersedia di atas kapal," kata Sumidi.

Proses uji kelaikan tidak hanya terkait dengan menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, melainkan juga dilakukan secara periodik setiap tiga bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa alat-alat keselamatan di atas kapal selalu dalam kondisi baik. 

Selain itu, KSOP juga melakukan pengecekan terhadap alat navigasi yang melekat pada badan atau konstruksi kapal.

"Dari hasil pengecekan kami, kondisi peralatan keselamatan kapal di Tanjungpinang dalam keadaan baik, karena di situ juga ada masa berlaku, misalnya alat pemadam kebakaran yang setiap tahunnya harus kita ganti," ungkap Sumidi.

Baca juga: Pizza E Birra Hadir di Kota Batam, Berikan Slice Pizza Gratis untuk 100 Pengunjung Pertama

Sumidi menekankan bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama, melibatkan KSOP sebagai regulator, operator kapal, operator pelabuhan, hingga masyarakat pengguna transportasi laut. 

Ia juga memberikan peringatan kepada nakhoda dan kru kapal terkait antisipasi terhadap kejadian atau cuaca buruk selama pelayaran.

"Apalagi nakhoda kapal, ia punya tanggung jawab besar terhadap keselamatan kapal, kru, serta penumpang selama pelayaran," tambah Sumidi.

Dengan adanya uji kelaikan ini, diharapkan keamanan dan keselamatan dalam pelayaran kapal penumpang di wilayah Tanjungpinang dapat terjamin, khususnya saat menyambut momen Natal dan Tahun Baru yang akan segera tiba.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews