Tips Membeli Motor Bekas di Batam agar Terhindar dari Motor Bodong

Tips Membeli Motor Bekas di Batam agar Terhindar dari Motor Bodong

Ilustrasi motor bekas.

Batam, Batamnews - Pembelian motor bekas bisa menjadi alternatif yang ekonomis, tetapi juga dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Batam adalah salah satu kota di Indonesia di mana pasar motor bekas cukup besar.

Bagi Anda yang ingin membeli motor bekas di Batam, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar terhindar dari motor bodong dan penipuan.

1. Cek Legalitas Motor

Pastikan motor yang akan Anda beli memiliki semua dokumen legal yang lengkap, termasuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Tanda Nomor Kendaraan (BPKB). Periksa juga apakah nomor mesin dan nomor rangka di STNK dan BPKB cocok dengan motor yang ditawarkan.

Baca juga: Imbalo Imam Sakti, Sang Pendidik dan Pembawa Cahaya Islam ke Suku Darat di Pulau Rempang Batam

2. Riwayat Perawatan

Selidiki riwayat perawatan motor bekas tersebut. Pastikan bahwa motor tersebut telah mendapatkan perawatan rutin, seperti ganti oli, servis mesin, dan penggantian suku cadang yang diperlukan. Motor yang dirawat dengan baik cenderung memiliki umur pakai yang lebih panjang.

3. Periksa Kilometer

Periksa angka kilometer yang tertera di speedometer. Angka kilometer ini harus wajar dengan usia motor. Jika angka kilometer terlalu rendah untuk usia motor yang ditawarkan, itu bisa menjadi indikasi adanya pemalsuan odometer.

4. Inspeksi Fisik

Lakukan inspeksi fisik motor secara cermat. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan, penyok, atau cat yang tidak wajar. Juga, periksa ban, rantai, dan sistem kelistrikan. Jangan ragu untuk mencoba motor dengan mengendarainya sejenak untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

5. Bawa Mekanik

Sebaiknya ajak seorang mekanik berpengalaman untuk ikut dalam proses pembelian. Mekanik dapat membantu Anda menilai kondisi motor secara teknis dan mendeteksi masalah yang mungkin tidak terlihat oleh mata awam.

Baca juga: Lorong Bintan Tanjungpinang Kawasan Wisata Kota Lama yang Terus Menata Diri

6. Harga yang Masuk Akal

Bandingkan harga motor bekas yang Anda minati dengan harga pasar yang wajar. Harga yang terlalu murah mungkin menjadi tanda bahaya. Jangan tergiur dengan penawaran yang terlalu menggiurkan tanpa melakukan pengecekan yang cukup.

7. Transaksi Aman

Selalu lakukan transaksi secara aman. Pertemuan dan pembayaran sebaiknya dilakukan di tempat yang terbuka dan aman, seperti kantor notaris atau kepolisian. Pastikan Anda mendapatkan surat jual beli yang sah.

8. Cek Kendaraan di Samsat

Sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, pastikan untuk mengecek apakah motor tersebut memiliki tunggakan pajak di Samsat. Hindari membeli motor yang memiliki masalah pajak, karena hal ini bisa menjadi masalah hukum di kemudian hari.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko membeli motor bekas yang bodong atau memiliki masalah. Beli motor bekas dengan bijak dan nikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews