Radar CSS Bea Cukai Batam Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Radar CSS Bea Cukai Batam. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Radar canggih milik Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Tipe B Batam kemungkinan akan diresmikan Presiden Jokowi. Saat ini pembangunan menara tempat kedudukan radar tersebut sudah nyaris rampung.

“Nanti barangkali akan diresmikan Pak Jokowi atau Pak Menteri Keuangan,” ujar Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo, beberapa hari lalu.

Namun kapan peresmian dilakukan, kata Nugroho, masih menunggu rampungnya menara radar tersebut.

Menurut Nugroho, dipilihkan Batam sebagai lokasi radar yang baru satu-satunya di Indonesia itu, melihat letak strategis Batam.

Batam menghadap ke perairan internasional, dan juga berada diantara pulau Karimun dan Pulau Bintan atau Tanjungpinang. Selain itu perairan Selat Malaka yang menjadi jalur tersibuk di dunia itu juga tak jauh dari Batam.

“Karena posisi itu makanya dipilihkan Batam,” ujar Nugroho.

Nugroho menjelaskan, radar CSS (Coastal Surveillance System). Radar tersebut memiliki kemampuan mendeteksi kapal-kapal di perairan Kepulauan Riau dengan jangkauan mencapai 15 kilometer.

Menara CSS memiliki ketinggian sekitar 75 meter dari permukaan tanah dan terletak di samping Kantor Bea Cukai Batam.

“Kameranya besar sekali jadi jangkauannya pun jauh,” ujar Nugroho.

Nugroho menyebutkan, dalam waktu dekat, perakitan radar tersebut akan segera tuntas. Meskipun pada awalnya pembangunan menara dan radar tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2015.

 

[snw]

SHARE US :