Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober, Kemenag Anjurkan Umat Islam Salat Khusuf

Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober, Kemenag Anjurkan Umat Islam Salat Khusuf

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Minggu, 29 Oktober 2023, bertepatan dengan 14 Rabiulakhir 1445H, Indonesia akan menyaksikan fenomena alam yang langka, yakni Gerhana Bulan Sebagian (GBS). 

Di momen ini, umat Islam di sebagian wilayah Indonesia diajak untuk merenung dan beribadah dengan melaksanakan Salat Khusuf oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin.

Kamaruddin Amin, dalam pernyataan resmi Kemenag, mengungkapkan, "InsyaAllah pada Minggu, 29 Oktober 2023, di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan." 

Baca juga: BMKG: Gerhana Bulan Sebagian dapat Dilihat di Kepulauan Riau, Berikut Waktunya

Ia menjelaskan, "Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami gerhana bulan sebagian untuk melakukan Salat Sunah Khusuf sesuai tuntunan syariah."

Selama peristiwa GBS terjadi, Kamaruddin Amin juga memberikan saran kepada umat Islam untuk melaksanakan beberapa amalan yang dianjurkan. Ini termasuk membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar (mohon ampunan), bersedekah, serta melakukan amal-amal kebaikan lainnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Batam Minggu, 29 Oktober: Diguyur Hujan hingga Malam Hari

Gerhana bulan adalah fenomena langit yang selalu menarik perhatian banyak orang. Selain sebagai peristiwa alam, ini juga menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk merenung, memperbanyak ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Semoga peringatan GBS ini menjadi momen yang penuh berkah bagi seluruh umat Islam di Indonesia yang merayakannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews