6 Cara Sukses Mengajar Bahasa Inggris

6 Cara Sukses Mengajar Bahasa Inggris

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID - Kesiapan diri dalam melaksanakan tugas mengajar adalah hal utama bagi seorang pendidik, dari mulai mempersiapkan bahan ajar hingga kesiapan diri dalam menghadapi anak didik di ruang kelas.

Hal terpenting dalam mempersiapkan diri sebelum mengajar adalah menetapkan tujuan serta kompetensi yang ingin dicapai. Banyaknya materi ajar yang hendak diberikan, tak jarang membuat para guru kurang memperhatikan teknik serta langkah-langkah tepat dalam menyusun rancangan pembelajaran.

Terkait hal tersebut, berikut 6 langkah penting yang patut diperhatikan:

  1. Tetapkan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai serta siapkan pula silabus untuk setiap mata pelajaran
  2. Penyusunan silabus juga harus mencakup pokok bahasan, sub-pokok bahasan, metoda pembelajaran, metoda mengajar, serta penilaian
  3. Persiapkan bahan ajar dengan sebaik-baiknya, kamus, text book, listening/reading worksheet, puzzle
  4. Ketahui lebih dulu latar belakang peserta didik melalui rekam nilai sebelumnya yang bisa diperoleh dari guru terdahulu. Hal ini sangat membantu dalam beradaptasi dengan lingkungan kelas dan untuk mengukur tingkat rata-rata kemampuan siswa
  5. Kuasai lingkungan sekolah terutama ruang kelas. Ketahui bagaimana letak kursi serta meja juga peralatan belajar mengajar yang tersedia seperti LCD Projector, Laptop, papan tulis, DVD player dan perlengkapan lainnya.
  6. Mengajarlah dengan setulus hati karena kesuksesan peserta didik adalah kesuksesan kita sebagai pendidik.

 

Riana Bakkara, M.Ed

English One Batam 

Co-founder/Course Coordinator


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews