Ini Jadwal Daftar SNMPTN 2016

Ini Jadwal Daftar SNMPTN 2016

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mulai pekan depan, para siswa kelas XII SMA/sederajat sudah harus bersiap mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016.

Ketua Pelaksana SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 Rochmat Wahab menjelaskan, pendaftaran seleksi jalur undangan diawali dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan ini dibuka pada 18 Januari hingga 20 Februari.

"Siswa kelas XII bisa mendaftar SNMPTN 2016 pada 29 Februari hingga 12 Maret," ujarnya dalam acara peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2016 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Setelah mendaftar, calon peserta SNMPTN bisa mencetak Kartu Tanda Peserta pada 22 Maret hingga 21 April. "Proses seleksi dilakukan PTN pada 24 Maret hingga 8 Mei. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 10 Mei," imbuhnya.

Mengutip buku panduan awal SNMPTN 2016, SNMPTN atau yang lebih dikenal jalur undangan merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. PTN peserta SNMPTN ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguran Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan serentak.

Siswa peserta SNMPTN tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Bahkan peserta SNMPTN yang kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews