Antusiasme Warga Singapura di Malaysia: Kembali ke Tanah Air untuk Suara dalam Pemilihan Presiden

Antusiasme Warga Singapura di Malaysia: Kembali ke Tanah Air untuk Suara dalam Pemilihan Presiden

Ms Doreen Sim, warga Singapura di Malaysia memilih pulang untuk bisa memilih dalam Pemilihan Presiden Singapura hari ini, Jumat (1/9/2023) (cna)

Singapura, Batamnews - Doreen Sim, seorang warga Singapura yang telah tinggal di Kuala Lumpur selama hampir dua dekade dan menjalankan perusahaan teknologi di sana, bersiap untuk melakukan perjalanan pulang ke tanah air guna memberikan suara dalam Pemilihan Presiden pada hari ini, Jumat (1/9/2023) September). 

Ia tidak dapat memberikan suara dalam Pemilihan Umum Singapura terakhir pada tahun 2020 akibat penutupan perbatasan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Ms. Sim menyatakan antusiasmenya untuk dapat kembali ke Singapura dan memberikan suaranya dalam Pemilihan Presiden kali ini. Ia telah mengikuti perkembangan kampanye melalui media online. 

Baca juga: Sekitar 4.800 Orang Warga Singapura Jadi Korban Fake Friend dengan Kerugian Lebih dari S$15 Juta

"Bagi saya, penting sekali untuk pulang dan melaksanakan tanggung jawab warga negara. Beruntungnya, Malaysia berdekatan dengan Singapura," ujar Ms. Sim seperti dilansir CNA, Jumat (1/9/2023).

Ms. Doreen Sim, yang menganggap memberikan suara sebagai kewajiban warga negara, terbang dari Kuala Lumpur ke Singapura pada malam Rabu.

Ia menambahkan, "Dunia pasca-pandemi akan menghadirkan banyak isu menantang bagi kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan suara dalam Pemilihan Presiden ini karena kita membutuhkan pemimpin negara yang kuat dan bijaksana."

Ms. Sim mengambil penerbangan larut dari Kuala Lumpur ke Singapura pada malam Rabu.

Baca juga: Kedua Kalinya dalam Seminggu, Mayat Pria Ditemukan di Perairan Keppel Bay Singapura

Memilih Pulang ke Tanah Air

Ms. Sim adalah salah satu dari banyak warga Singapura yang tinggal di Malaysia dan bersiap untuk melakukan perjalanan pulang ke Singapura – baik dengan menggunakan pesawat udara maupun jalur darat – demi memberikan suara, mengingat tidak ada tempat pemungutan suara di Malaysia.

Meskipun opsi pemungutan suara melalui pos tersedia kali ini, banyak warga Singapura yang diwawancarai menyatakan bahwa mereka lebih memilih menyeberang perbatasan dan memberikan suara secara langsung karena jarak yang dekat.

Kemacetan lalu lintas diperkirakan terjadi di Jembatan Causeway menjelang Hari Pemungutan Suara dan selama akhir pekan, karena Singapura dan Malaysia memiliki hari libur yang sama. 

Malaysia merayakan Hari Kebangsaan pada hari Kamis, sedangkan ini merupakan akhir pekan panjang dan awal liburan sekolah di Singapura.

Baca juga: Pemilik Gerai Makanan Singapura Didenda S$13.000 atas Kasus Pembantu Telantar di Batam

Pihak berwenang telah menyarankan para penduduk untuk memperhitungkan kemungkinan keterlambatan di pos pemeriksaan imigrasi.

Otoritas Imigrasi dan Pemeriksaan Singapura (ICA) mengeluarkan panduan yang menyatakan bahwa kemacetan lalu lintas diperkirakan terjadi di kedua pos pemeriksaan Woodlands dan Tuas.

Berkendar Bersama Hindari Kemacetan

Dalam semangat persatuan, beberapa warga Singapura di Johor bergabung untuk memastikan bahwa sesama warga negara dapat menyeberangi perbatasan dengan lancar.

Greg Low, seorang warga Singapura yang telah tinggal di Johor selama sekitar 12 tahun, memimpin inisiatif berkendara bersama pada Hari Pemungutan Suara.

"Kami mengatur waktu untuk naik mobil bersama, menunggu di bagian tertentu di Johor, dan dari sana kami mencari cara yang nyaman untuk kembali ke Singapura," ujar pria berusia 42 tahun ini, yang menjadi administrator sukarelawan di halaman Facebook yang menghubungkan warga Singapura yang tinggal di Malaysia.

Baca juga: MPA Singapura Ajukan Proposal Uji Coba Titik Pengisian Listrik untuk Kendaraan Pelabuhan

"Kami berencana berkendara bersama (karena) jika kami naik bus, akan merepotkan."

Kelompok ini berencana berangkat pada pukul 9 pagi pada Hari Pemungutan Suara, mereka mengatakan bahwa mereka akrab dengan kondisi lalu lintas dan yakin dapat tiba di tempat pemungutan suara tepat waktu untuk memberikan suara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews