10 Kota dengan Udara Terbersih di Indonesia Menurut IQAir

10 Kota dengan Udara Terbersih di Indonesia Menurut IQAir

Pangkal Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Foto: Shutterstock/Raditya)

Batam, Batamnews - Masalah polusi udara di Jakarta terus menjadi perhatian utama ketika hampir 50 persen staf Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta beralih ke bekerja dari rumah (work from home/WFH) sejak Senin (21/8/2023). Langkah ini diambil untuk mengatasi penurunan kualitas udara yang mengkhawatirkan di ibu kota.

Selain Jakarta, sejumlah kota lain di Indonesia juga menghadapi masalah serupa terkait polusi udara. Tangerang Selatan, Tangerang, Depok, Serang, Cikarang, dan Karawang tercatat dalam daftar 10 kota paling tercemar polusi udara di Indonesia menurut peringkat IQAir pada Kamis (24/8/2023).

Namun, tidak semua harapan hilang. Terdapat juga kota-kota di Indonesia yang berhasil menjaga kualitas udara mereka tetap bersih. Pada pukul 8.48 WIB pada hari yang sama, IQAir merilis peringkat 10 kota dengan kualitas udara terbaik di Indonesia.

Baca juga: Peringatan Cuaca Maritim: Hujan Sedang dan Gelombang Rendah di Perairan Batam Hari Ini

Perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss tersebut melakukan penilaian berdasarkan Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index/AQI), yang mengukur konsentrasi polutan udara dan risiko kesehatan yang terkait dengannya.

Kota-kota dengan kualitas udara baik ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menghirup udara segar setelah lama tinggal di daerah berpolusi udara.

Berikut adalah daftar 10 kota dengan kualitas udara terbaik di Indonesia menurut peringkat IQAir pada Kamis, 24 Agustus:

Baca juga: Turnamen Golf Kelas Dunia RB25: Meriahkan Ulang Tahun ke-25 Ria Bintan Golf Club!

1. Mamuju, Sulawesi Barat, AQI 13
2. Salinbatu, Kalimantan Utara, AQI 14
3. Pangkalpinang, Bangka Belitung, AQI 20
4. Sorong, Papua Barat, AQI 21
5. Kupang, Nusa Tenggara Timur, AQI 23
6. Mengkalip, Kalimantan Tengah, AQI 24
7. Indrapuri, Aceh, AQI 27
8. Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, AQI 29
9. Jayapura, Papua, AQI 32
10. Kabupaten Malang, Jawa Timur, AQI 34

Bagi mereka yang ingin menghirup udara segar dan bersih, kota-kota ini menjadi pilihan yang menarik. Langkah-langkah seperti bekerja dari rumah dan peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan bisa membantu memperbaiki kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews