Latihan Bersama Indonesia-Singapura: Kapal Perang Singapura Tiba di Pelabuhan Batuampar Batam

Latihan Bersama Indonesia-Singapura: Kapal Perang Singapura Tiba di Pelabuhan Batuampar Batam

Upacara penyambutan kapal perang Singapura (ist)

Batam, Batamnews - Dalam persiapan jelang latihan militer bersama antara Indonesia dan Singapura, Kapal Perang Singapura RSS Vigour-92 tiba di Pelabuhan Batuampar pada Senin (21/8) kemarin. Kedatangan kapal perang ini disambut oleh Lantamal IV Batam.

Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV Batam, turut menyambut langsung kedatangan kapal perang Singapura tersebut. Para aparat di lingkungan Lantamal IV juga turut hadir dalam penyambutan ini.

Di tempat terpisah, Danlantamal IV menyatakan bahwa Exercise Eagle Indopura 2023 adalah latihan ke-27 yang diadakan setiap dua tahun sekali dengan bergantian tuan rumah penyelenggara antara Indonesia dan Singapura.

Baca juga: Rempang Memanas: Warga Desak Pertemuan Bersama untuk Pembangunan Pulau Rempang

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara (Military to Military), sekaligus merupakan bentuk kerja sama pertahanan laut antara TNI-AL dan Republic of Singapore Navy (RSN) yang telah dilaksanakan sejak tahun 1974," kata Laksamana Pertama Tjatur Soniarto, Danlantamal IV Batam.

Tjatur Soniarto menambahkan bahwa latihan angkatan laut ini melibatkan dua kapal perang dari Indonesia, yaitu KRI SIM-367 dan KRI HLS-630. Selain itu, latihan juga melibatkan dua pesawat udara dari TNI-AL, yakni pesawat jenis Maritime Patrol Aircraft (MPA CN-235) dan Heli Anti Kapal Selam (AKS) Panther.

"Dari pihak Singapura, terlibat dua kapal perang yaitu RSS Intrepid-69 dan RSS Vigour-92, serta satu pesawat udara jenis Maritime Patrol Aircraft (MPA 121 SQ)," tambahnya.

Baca juga: Rahasia Kelezatan Belebat Ubi: Resep Tradisional Melayu untuk Nikmati Sore dengan Teh dan Kopi Hangat

Kegiatan latihan ini dimulai pada hari Selasa (22/8) dengan upacara pembukaan, yang akan diikuti oleh serangkaian latihan yang terbagi menjadi dua tahap. 

Tahap pertama adalah tahap darat (Harbour Phase) yang akan berlangsung selama tiga hari hingga hari Kamis. Tahap kedua adalah tahap manuver laut (Sea Phase) yang akan berlangsung hingga Minggu mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews