Cuaca Tak Menentu di Batam: Ini Penjelasan BMKG

Cuaca Tak Menentu di Batam: Ini Penjelasan BMKG

Cuaca mendung menjelang hujan, Senin (21/8/2023) pagi di kawasan Alun-alun Engku Putri Batam Center (foto dennirisman)

Batam, Batamnews  - Kota Batam, Kepulauan Riau, telah beberapa pekan ini mengalami cuaca yang tidak menentu, seringkali diguyur hujan. Pada Senin (21/8/2023), hujan turun sepanjang pagi hingga siang di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Batam memberikan penjelasan bahwa fenomena ini disebabkan oleh tingginya kelembapan di lapisan atmosfer atas, menciptakan kondisi yang mendukung pembentukan awan hujan.

"Secara umum, kondisi ini diperkirakan hanya berlangsung dalam beberapa hari. Setelah itu, diperkirakan cuaca akan lebih berawan," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Batam, Suratman.

Baca juga: Musim Hujan Tiba: Catat! Ada 20 Lokasi Rawan Banjir di Batam

Walaupun cuaca diproyeksikan akan bersifat berawan dalam beberapa hari mendatang, Suratman menegaskan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang mungkin tidak merata di seluruh daerah.

Suratman menambahkan bahwa bulan Agustus sebenarnya bukan bulan yang lazimnya digolongkan sebagai musim hujan. Namun, ada faktor alam yang memengaruhi tingginya curah hujan dalam periode ini.

Ia juga menjelaskan bahwa cuaca hujan tidak berlangsung secara terus-menerus. Artinya, pada satu waktu hujan bisa terjadi, lalu tiba-tiba diikuti oleh cuaca panas.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Batam Hari Ini: Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

"Kondisi hujan ini tidak berlangsung secara terus-menerus. Terkadang diikuti oleh cuaca panas dalam beberapa hari, kemudian hujan kembali, dan begitu seterusnya," ungkapnya.

Saat ini, cuaca di beberapa tempat di Batam terpantau gerimis dan ada juga yang mulai cerah pada siang hari. Intensitas hujan mulai mereda dan awan hitam di langit telah menghilang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews