Lembaga Pelatihan Tenaga Kerja di Batam Banyak Belum Terakreditasi

Lembaga Pelatihan Tenaga Kerja di Batam Banyak Belum Terakreditasi

Ilustrasi Balai Latihan Kerja. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Batam, akan mengakreditasi lembaga pelatihan tenaga kerja yang ada di Kota Batam. Langkah ini untuk melahirkan tenaga kerja yang berkompeten dan memiliki daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dinas Tenaga Kerja Batam juga bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk memberikan akreditasi kepada lembaga pelatihan yang ada di Batam.

"Kita mau tenaga kerja lebih berkompeten, agar SDM kita bisa bersaing, makanya kita benahi lembaga pelatihannya terlebih dahulu," terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi.

Untuk saat ini, Disnaker telah memiliki 60 lembaga pelatihan yang terdaftar, yang siap memberikan ilmu serta pembekalan kepada tenaga kerja, namun belum semua memiliki akreditasi.

"Kita akan gelar akreditasi kepada semua lembaga pelatihan tenaga kerja. Kita juga akan mengirim tenaga kerja ke Jepang untuk magang. Maka dari itu, kenapa sertifikasi sangat dibutuhkan, agar bisa bersaing dan bekerja di luar negri," ujar Zarefriadi.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews